Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Selasa, Januari 10, 2017

SAYA BINGUNG, TINJAUAN PUSTAKA ITU APA?


Sebelum melakukan penelitian, seseorang peneliti harus lebih paham tentang berbagai hal. Untuk peneliti yang masih jarang melakukan desain penelitian dan proposal penelitian akan secara langsung berhadapan dengan teori, secara khusus peneliti sosial.

Adapun secara ringkas manfaat tinjauan pustaka adalah 1) untuk menunjukkan pemahaman terhadap disiplin ilmu, 2) untuk menunjukkan jalan penelitian sebelumnya dan cara ketentuan dengan proyek yang akan diteliti, 3) untuk mengintegrasikan berbagai hal yang ingin diteliti, 4) untuk belajar dari orang yang terdahulu sehingga bisa menciptakan ide-ide yang baru.

Ada enam jenis tinjauan pustaka yang saya rangkum dari buku . Lawrence Neuman yaitu:
Tinjauan konteks. Merupakan jenis kajian umu dengan penulis mengaitkan suatu penelitian tertentu kepada disiplin ilmu yang lebih besar. Kajian ini sering muncul pada awal laporan penelitian yang dilakukan oleh peneliti, serta bisa memperlihatkan penelitian tersebut dengan kerangka yang lebih luas dan bisa menjelaskan pengembangan pemikiran atas penelitian tersebut. Tinjauan sejarah. 

 Tinjuan khusus yang penulisnya menelusuri persolan sepanjang waktu. Tinjauan khusus yang penulisnya menelusuri persoalan sepanjang waktu. Hal ini dapat digabungkan dengan kajian teoritis atau metodologi untuk menunjukkan cara konsep, teori atau metode penelitian dikembangkan dari waktu ke waktu.

Tinjauan integratif. Jenis tinjauan umum dengan penulisannya menyajikan dan merangkum keadaan pengetahuan saat ini mengenai suattu topik, menyoroti kesepakatan dan perselisihan di dalamnya. Kajian ini sering menggunakan dan diterbitkan sebagai artikel sebagai jasa untuk penelitian yang lain.

Tinjauan metodologi. Jenis tinjauan integratif khusus dengan penulisannya membandingkan dan mengevaluasi kekuatan metodologis yang berbeda-beda. 

Tinjauan penelitian sendiri. Tinjauan dengan penulisnya menunjukkan pemahaman dengan suatu bidang subjek tertentu. Hal ini sering menjadi bagian program pendidikan atau persyaratan matakuliah. 

Tinjauan teoritis. Tinjauan ini adalah menunjukkan tijauan yang khsusus dengan menyajikan beberapa teori atau konsep yang berfokus pada topik yang sama dan membandingkannya atas dasar asumsi, konsistensi logi, dan ruang lingkup penejelasannya

Memang banyak teori yang dihadapkan kepada seorang peneliti dan sudah sepantasnya peneliti memiliki kemampuan untuk menemukan dan menggunakan teori yang layak dan berhubungan. Dengan demikian teori tersebut bisa menjadi  pisau analisis dalam pembahasan penelitian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot