20 Feb 2018

Mengabdi Untuk Mereka (SD Komi, SD Hutagalung, SD Alahan, dan MIN Sionom Hudon) di Kecamatan Parlilitan

Jangan tunggu besar dan kaya untuk melakukan hal yang baik bagi siapa pun. Apapun statusmu sekarang bukan menjadi indikator mau berbuat atau bertindak. Tak ada satupun yang menghalangi langkahmu untuk membangun sesuatu yang dimulai dari hal kecil. Kebanggaan kami adalah ketika kami memulai hal yang sederhana demi membuka cahaya inspirasi bagi mereka. 
Membuka cahaya inspirasi ini kami lakukan di beberapa Sekolah Dasar di Kecamatan Parlilitan, Kabupaten Humbang Hasundutan. Keyakinan kami adalah ketika mampu beradaptasi dengan lingkungan baru, situasi baru, dan menghilangkan zona nyaman kami sendiri.

Change Maker Parlilitan

Mulai dari Selasa, 14 Februari 2018 - Sabtu, 17 Februari 2018 kami melakukan pengabdian di empat Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Parlilitan. Hari pertama, tepatnya 14 Februari 2018 kami secara bersama melakukan pengabdian di SD Negeri 173515 Komi di Desa Sileang-leang, pada hari Kamis kami berbagi pengalaman kepada anak-anak SD NEGERI 175790 di Desa Hutagalung dan SD MIN SIONOM HUDON di Desa Sionom Hudon Julu, dan hari Sabtu, 17 Februari 2018 sebagai hari terakhir pengabdian kami adalah di SD NEGERI 173494 di Desa Alahan. Selama empat hari tersebut kami tinggaldi Hutagalung yang merupakan Desa Sionom Hudon Tonga. 
Foto Bersama Guru SD Komi
Perpisahan Murid, Siswa SD Komi dan CMP
Perpisahan dengan SD Alahan

Pembukaan Acara Pengabdian (Barisan) di SD Hutagalung


Pembukaan Acara Pengabdian di SD Alahan

Lomba Sarung di SD Hutagalung

Lomba Sarung di SD Hutagalung

Bukan sebuah kebetulan pengabdian ini kami lakukan, melainkan cukup waktu panjang merencanakan kegiatan ini. Awal bulan November 2017 ketertarikan beberapa Mahasiswa yang berasal dari Kecamatan Parlilitan untuk membentuk sebuah komunitas yang bertujuan untuk pengabdian di bidang pendidikan dan sosial. Tiga bulan dalam proses pembentukan program dan aksi dana, kegiatan ini berlangsung dengan keadaan baik dan sesuai perencanaan. Walaupun kami mengakui banyak hal yang harus kami benahi demi terwujudnya program-program pengadian selanjutnya. 

Games dan Uji Kekompakan Antar Murid
Semangat Belajar  Adik-adik
Pengajaran dan Berbagi Pengalaman Langsung ke Kelas
Mulai dari perekrutan anggota, pembentukan kepanitiaan dan perencenaan kegiatan, serta proses pemilihan tempat dan lokasi pengabdian, menjadi pertimbangan khusus bagi kami. Bukan tanpa sebab kami datang ke SD di empat desa tersebut. Faktanya SD ini belum pernah kedatangan tamu dari mahasiswa, lembaga, bahkan komunitas manapun untuk berkunjung ke sekolah ini. Hingga kami sepakat atas kemampuan dan komitmen kami, semua proses awal pertengahan sampai ke pengabdian berjalan sesuai dengan rencana. 

Kekompakan CMP dan  Murid

Sudah menjadi kepastian bagi komunitas manapun, hal paling menakutkan dalam pembuatan program adalah mengenai dana dan komitmen setiap anggota yang berhubungan langsung dengan psikologi komunitas kepanitiaan. Bukan di tubuh kepanitian saja melainkan kebimbangan individu membuat beberapa kali gesekan moral antar kami. Namun, tidak ada suatu komunitas yang sempurna, semua itu adalah kedewasaan berorganisasi.

Belajar dalam Ruangan Kelas

Kami tidak ada membedakan kegiatan antara SD yang satu dengan SD yang lain. Jika dirangkum, kegiatan ini bukan untuk menyulap setiap sekolah untuk mampu berubah. Karena pertemuan satu hari tidak akan mampu memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap lingkungan akademik mereka. Kami mampu memberikan dan menyampaikan pengalaman yang kami miliki dan setiap diakhir acara kami menyediakan lomba olahraga (oper bola dan lomba sarung). Kegiatan ini semoga saja berdampak bagi semangat belajar adik-adik dan membuka wawasan kepada mereka. 

Perpisahan dengan Orang Tua  (Tempat  Tinggal CMP)

Dalam acara tersebut kami memberikan kenang-kenangan berupa pensil kepada setiap siswa dan hadiah buku bagi anak-anak yang menang dalam lomba olah raga dan bagi yang bisa menjawab pertanyaan anak-anak SD.

Untuk setiap SD kami merasa terpanggil untuk melakukan pengabdian ini. Walau kami berbuat masih sangat kecil dari yang diharapkan. Semoga kedatangan kami mempunyai kenangan tersendiri bagi siswa dan guru yang ada di lembaga pendidikan tersebut. 
Kekompakan CMP

Janji kami bukan hanya berakhir di sini, semoga hari-hari selajutnya kami semakin ringan tangan untuk memberikan waktu, pikiran, bahkan materi kepada Parlilitan.  Terima kasih atas semua pihak yang sudah mendukung kegiatan ini terutama bagi anak rantau Parlilitaan yang sudah memberikan donasi dana bagi kegiatan ini. 

Lari pagi Mengelilingi Desa Sionom Hudon Tonga Pukul 06.00 WIB (Hutagalung-Pasi-Ambarade-Janji Mariah-Hutagalung)

Semoga ke depannya bukan hanya ini yang mau berbagi buat desa dan tanah kelahirannya. Sampai hari ini, kami yang mengabdi langsung dan datang ke sekolah dasar tersebut adalah:

  Founder                      :  1. Ronaldi Tumanggor
      2. Bonar Situmorang, S.Sos
Ketua
 : Jisandi Nahampun
Ilmu Hukum  USU
Sekretaris
 : Sakauni Mahulae
PGSD UNIMED
Bendahara
 : Aisyah Arafani
Akutansi Perpajakan STMIK-STIE Mikroskil
Seksi Acara
 : Fajar Anugrah Tumanggor
1.    Yolanda Anastasia Tumanggor
2.    Debby F  Nainggolan, A.Md
3.    Veronika Tinambunan
Ilmu Politik USU
Seni Musik UNIMED
Teknik mesin Polmed
Keperawatan USU


Seksi Pubdekdok
: Ronaldi Tumanggor
Ilmu Komputer USU

1.      Nada Simamora
2.      Desi Monalisa Berutu

3.      Mitha Tinambunan
Administrasi publik USU
Ilmu kesehatan Masyarakat USU
Teknik Informatika USU
Seksi Peralatan
: Hotmoko Tumanggor
Teknik Informatika STMIK Budi Darma

1.      Josua Hasugian
2.      Rolly Frans Tinambunan
3.      Ivo Michael Padang, ST
4.      Februatry Tinambunan, A.Md
Sistem Informasi UNIKA
Teknik Elektro UNIMED
Teknik arsitektur USU
Teknik elektro polmed
Seksi Dana
: Yanti Simamora

1.      Bonar Situmorang, S.Sos
2.      Yohana Adriana Tumanggor

3.      Lilis Angelina Hasugian
Akuntansi Universitas Methodist
AlumniSosiologi USU
Pendidikan Matematika UNIMED
 kesehatan Masyarakat Sari Mutiara
Seksi Konsumsi
: Mitra Situmorang

1.      Putri Hasugian

2.      Windi Sihombing
3.      Lismita Purba
4.      Dewi  F. Tinambunan
  

Akuntansi Unpri

Bahasa dan Sastra Indonesia Unpri
Akuntansi Unimed
Keperawatan USU
Fisika USU



Tags :

bm

bonarsitumorang

Pengajar Muda

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Bonar Situmorang
  • ????????????
  • Kec.Cilandak,Kota Jakarta Selatan
  • bonarsos@gmail.com
  • +62853-7028-9213