Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Jumat, Agustus 31, 2018

Data Primer dan Sekunder dalam Penelitian Sosial


S
umber data penelitian salah satu hal yang paling penting dalam penelitian. Sumber data penelitian sosial secara umum didapatkan dari masyarakat. Sumber data menurut Bean adalah
The source of data can very widely – historical document, governmental records, organizational records, interview, standardized survey, questionnaires developed as part of the research protocol for a particular study, unobtrusive measures, observation, participation obeservation, and so on. The quality of the research depends on the quality os the data analyzed; data analysis has only a secondary influence. (Creswell, 2010).
Dalam penelitian sosial ada dua jenis sumber data yaitu:
Data Primer (Primary Data)
Data adalah informasi dan bukti numerik (kuantitatif) dan non – numerik (kualitatif) yang telah dikumpulkan secara cermat, berdasarkan aturan atau prosedur yang sudah ditetapkan. Untuk beberapa proyek penelitian, sumber data sangatlah penting. Sumber data primer menjadi sangat penting karena suatu objek yang ingin diteliti atau dokumen – dokumen asli  mentah dari pelaku yang disebut “first – hand information’. Data yang dikumpulkan tersebut merupakan data yang aktual dan langsung ditemukan dari lokasi penelitian. Sehingga dalam penelitian ini perlu seorang peneliti untuk mempersiapkan pertanyaan penelitian sebelum bekerja untuk mendapatkan data. Tidak kalah pentingnya bahwa data primer menjadi sumber data yang original dan tidak bisa asal – asalan dalam mengerjakannya.
Wawancara dengan informan (data primer)

           
Sumber data primer dalam penelitian dapat ditemukan dari dokumen historik dan legal, hasil dari suatu penelitian terdahulu, data – data statistik yang lengkap dengan sumber dan tahunnya, lembaran – lembaran yang kreatif dan juga dapat ditemukan dari objek – objek seni. Sehingga sumber data primer ini merupakan salah satu tugas yang wajib dilakukan seorang peneliti. Dalam ilmu sosial artikel – artikel yang dijadikan sumber penelitian merupakan hasil dari penelitian dan dapat dibuktikan kebenarannya. Data primer yang ditemukan oleh peneliti menjadi sebuah data yang baik dan memiliki keuntungan tersendiri bagi si peneliti. Tetapi perlu untuk diperhatikan, bahwa penelitian dengan mengutamakan sumber data primer membutuhkan waktu dan biaya yang besar. Jadi sebelum membuat penelitian, harus memperhatikan waktu dan biaya yang dibutuhkan.

Data sekundar (secondary data)
            Data sekunder merupakan data yang dikumpulkan dari tangan kedua atau dari sumber – sumber lain yang telah tersedia sebelum seorang peneliti melakukan penelitian. Sumber sekunder meliputi komentar, interpretasi, ataupun pembahasan tentang materi orisinal. Sumber data ini bisa juga disebut sebagai (second – hand information). Bahan – bahan yang dapat digunakan untuk sumber data sekunder adalah artikel, koran, majalah, buk atau telaah gambar hidup.
Data sekunder
Baik data primer maupun data sekunder dalam penelitian, dapat dikumpulkan dari berbagai sumber latar data yang berbeda. Latar data yang dimaksud di sini adalah latar natural di mana kejadian ataupun fenomena atau peristiwa secara normal terjadi yang disebut sebagai noncontrived settings, latar artifisial, baik dilakukan di laboratorium, dalam rumah responden, di jalan, yang disebut sebagai contrived setting. Data juga dapat ditemukan dari organisasi yang dinamakan sumber data intern dari luar organisasi yang dinamakan sumber data ekstern. Jadi peneliti harus memahami sumber data dan keutamaan dalam memilih sumber data yang diinginkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot