30 Agu 2018

Fungsi Menu Transform dalam SPSS


  S
PSS adalah salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk mengolah data. Buat mahasiswa dan para peneliti wajib untuk mengetahui pengolah data ini. Ukuran mengetahui itu tidak ada batasnya, semakin banyak kita mendalami semakin banyak juga masalah yang kita temukan dalam mengolah data. Satu kiat untuk mengetahui aplikasi ini adalah semakin banyak mencoba dan memahami setiap tools yang ada dalam SPSS. Kali ini saya akan berikan penjelasan menu transform dalam SPSS.
Menu Transform Data dalam SPSS 23
Sebelumnya saya sudah menjelaskan menu data yang ada dalam SPSS. Sekarang kita beranjak untuk memahami menu transform. Menu ini adalah salah satu menu yang jarang dipakai oleh peneliti, namun kita wajib mengetahuinya. Salah satu manfaat menu ini adalah untuk mengatur transformasi data sebelum seorang peneliti ingin menganalisis. Adapun setiap tools dalam menu transform akan dijelaskan dalam tulisan ini, yaitu.
Tools Menu Transform
Compute variable yang berfungsi untuk menghitung data variabel seperti fungsi logika, waktu, statisticl, string, aritmatik, operasi matematis (+, -, x, dll). Tentunya compute variable dapat digunakan jika peneliti sudah punya lembar kerja yang ingin dihitung.


Count value within cases berfungsi untuk menghitung jika suatu data yang kita miliki cocok dengan spesifikasi yang seorang peniliti inginkan, mirip seperti countif dalam excel.

Selanjutnya shift value yang digunakan untuk membuat variabel baru yang mengandung nilai – nilai variabel yang ada sebelumnya atau kasus berikutnya. Sift value ini bisa digunakan jika kita sudah memiliki entri data.

Recode into same variables yang merupakan tool yang memungkinkan kita untuk menetapkan kembali nilai – nilai variabel yang ada ke dalam variabel yang sama.

Recode into different variables merupakan tool yang memungkinkan peneliti untuk menetapkan kembali nilai – nilai variabel yang ada ke dalam variabel yang berbeda.

Automatic recode memungkinkan kita untuk mengkonversi huruf dan numerik ke dalam bilangan bulat secara otomatis.

Visual binning merupakan tool memungkinkan peneliti untuk membuat group secara interaktif dari sebuah variabel continious dan mengontrolnya secara visual.

Optimal binning berfungsi untuk mendiskritkan salah satu atau lebih variabel (selanjutnya disebut sebagai input variabel binning) dengan mendistribusikan nilai masing – masing variabel penelitian menjadi bins. Bins kemudian dapat digunakan sebagai pengganti nilai – nilai data asli untuk analisis lebih lanjut.

Prepare data for modeling berfungsi ini membuat variabel baru yang berisi ranking, nilai normal skor, dan nilai – nilai persentil untuk variabel numerik.

Rank cases merupakan tool digunakan untuk membuat variabel baru yang berisi ranking, nilai normal skor, dan nilai – nilai persenti untuk variabel numerik.

Date and times wizard yaitu tool pintar yang dapat digunakan menyederhanakan sejumlah tugas umum yang terkait dengan variabel tanggal dan waktu.

Creater time series yaitu tool yang digunakan untuk membuat data penelitin dalam bentuk time series.

Replace missing value yang digunakan untuk membuat variabel time series baru dari yang sudah ada, menggantikan nilai – nilai yang hilang dengan perkiraan dihitung dengan salah satu dari beberapa metode.

Random number generators yaitu memilih angka acak (random) yang dihasilkan.

Run pending transform yang digunakan untuk menunda proses transformasi data.

            Beberapa tool di atas merupakan menu transform dalam SPSS. Semua tool tersebut digunakan untuk transformasi data yang kita miliki. Dalam data penelitian kita per hati – hati mentranformasi data yang kita miliki. Sehingga perubahan data yang kita buat tidak merusak data original yang kita miliki. Mudah – mudahan bermanfaat dan dapat menambah wawasan peneliti.








Tags :

bm

bonarsitumorang

Pengajar Muda

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Bonar Situmorang
  • ????????????
  • Kec.Cilandak,Kota Jakarta Selatan
  • bonarsos@gmail.com
  • +62853-7028-9213