Selasa, 21 Agustus 2018

Menu Analyze dalam SPSS: Report dan Fungsinya

M

enu Analyze merupakan menu yang paling lengkap dan meliputi seluruh tool untuk uji analisis data. Menu analisis ini mampu memberikan penghitungan statistik dari yang paling kecil sampai ke pada yang besar. Analyze data menjadi sangat penting di SPS karena fungsinya yang sangat penting dan salah satu tool yang wajib diketahui pengertian, fungsinya. Tidak cukup satu kali baca saja dalam memahami menu ini, harus lebih banyak berlatih. Analyze data dalam SPSS tentu memiliki aturan dan hukum yang berlaku dalam metode penelitian. Sebaiknya sebelum menganalisis data penelitian, seorang peneli harus mengetahui manfaat dan penjelasan disetiap analisis yang digunakan, karena dalam SPSS tidak bisa memberikan penjelasan yang jelas tentang data kita. Itu dikarenakan SPSS hanya sebuah uji pengolah data, yang tahu benar atau tidaknya itu adalah wawasan tentang peneliti. 
Menu analyze report dalam SPSS 23
Tidak mudah memang memahami menu ini, apalagi dihadapkan dengan metode penelitian yang berlaku. Tanpa banyak membaca manfaat menu ini tidak akan mudah untuk dicerna dan dipahami. Namun jangan minder jika belum banyak tahu tentang metode penelitian terutama kuantitatif, harus lebih banyak lagi belajar. Kali ini saya akan memberikan tulisan fungsi menu data analisis dalam SPSS. Karena ini sangatlah panjang penjelasannya, kita fokuskan dulu kepada menu analyze dengan tool report dan. Ke depan saya akan mencoba memberikan penjelasan menu tool selanjutnya, hal ini perlu karena untuk memberikan tulisan yang baik dan mudah dipahami serta tidak terlalu panjang. Adapun fungsi tool reports adalah:
  Code book merupakan salah satu tools yang baru dalam SPSS, yang dapat dilihat dalam SPSS versi 23  fungsinya adalah memberikan laporan mengenai kode data yang kita miliki.
   Olap cube adalah bentuk laporan dalam SPSS dengan menampilkan data yang ringkas dan praktis termasuk banyaknya variabel. Hasilnya berupa deskripsi data bukan dalam bentuk inferensi.
   Case summaries berfungsi untuk melihat lebih jauh isi statistik deskriptif yang meliputi sub grup dalam sebuah kasus yang kita miliki. Tools ini memberikan manfaat lebih jauh tentang penjelasan secara grup sebuah variabel yang peneliti miliki.
    Report summaries in rows yang berfungsi untuk membuat laporan setiap ringkasan pada baris yang berlainan.
 Report summaries in columns yang berfungsi untuk menampilkan setiap laporan statistik pada kolom yang terpisah.
Keempat sub tool yang ada dalam tool report ibarat laporan yang ingin kita buat untuk mempersingkat data yang kita miliki. Laporan ini perlu untuk melihat setiap variabel yang kita masukkan dalam SPSS secara praktis. Sebelum melakukan analisis yang lebih jauh seorang peneliti wajib mengetahui laporan dan ringkasan penelitian. Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa share.





Tags :

bm

bonarsitumorang

Pengajar Muda

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Bonar Situmorang
  • ????????????
  • Kec.Cilandak,Kota Jakarta Selatan
  • bonarsos@gmail.com
  • +62853-7028-9213

Posting Komentar