Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Rabu, Februari 20, 2019

4 Cara Koding Data Gambar dalam NVivo

Sahabat peneliti semua, tulisan kali ini akan memberikan penjelasan cara koding data berbentuk gambar dalam Nvivo.  Tulisan kemarin sudah menjelaskan bagaimana cara koding data dalam bentuk dokumen. Sangat mudah cara koding data dalam bentuk gambar. Setelah import data, maka kita akan melanjutkan organisir data dengan menggunakan data.

Adapun cara kode data gambar dalam Nvivo adalah:

1. Memastikan data gambar sudah ter-import ke dalam Nvivo. Jika sudah data sudah terimport maka akan tampil jendela kerja Nvivo seperti gambar di bawah ini:

2. Klik kanan dua kali pada gambar yang sudah kita import, sebagai contoh gambar yang sudah saya import seperti tampilan di bawah ini.





3. Untuk memulai pengkodean, “click to edit” pada detail view, maka akan muncul jendela seperti di bawah ini. Keterangan berisi Region dan Content. Region adalah bagian gambar yang kita pilih. Sedangkan content tujuannya memberi keterangan terhadap gambar yang sudah kita blok. 

Misalnya, saya memilih bagian dari foto di bawah ini:

4. Klik kanan pada bagian gambar yang sudah kita pilih. Maka akan muncul menu pilihan seperti di bawah ini. Kemudian pilih insert row.





Setelah memilih insert row, maka kita akan diarahkan kepada content. Artinya adalah kita diminta untuk mengisi keterangan apa yang dimaksud pada bagian gambar yang sudah dipilih. Misalnya saya mengisi kontennya adalah “jalan desa”, sedangkan untuk region akan otomatis terisi karena langsung menjelaskan ukuran dan bagian foto yang sudah dipilih. Setelah mengisi konten, maka akan tampil seperti di bawah ini.


Gambar di atas sudah memberikan data koding dalam gambar. Tergantung berapa bagian yang akan kita koding dalam gambar. Kebetulan dalam tulisan ini saya membuat koding satu saja. Jika teman – teman ingin melakukan beberapa koding dalam gambar, maka mulai lagi pada pilih gambar dan pengkodean. Jika teman - teman belum paham, bisa lihat tutorialnya dalam video ini  https://www.youtube.com/watch?v=Sr9RUy6gqcA&feature=youtu.be




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot