12 Feb 2019

Cara Koding Data Dokumen dalam Nvivo


Setelah melakukan import data dalam Nvivo, langkah selanjutnya adalah melakukan pengkodingan data. Sebenarnya data yang bisa dikoding adalah data video, audio, gambar, dan dokumen. Kali ini saya akan memberikan penjelasan bagaimana cara kita melakukan koding data dokumen dalam Nvivo. Tidak jauh perbedaan Nvivo baik versi berapa pun itu, melainkan yang terpenting adalah pemahaman kita sendiri. Untuk melakukan pengkodean, langkahnya adalah:

1. Pastikan bahwa data yang kita miliki sudah ter-import ke dalam Nvivo. Gambar di bawah ini merupakan dua jenis data dokumen yang sudah saya import. Penting untuk diingat bahwa, kedua data tersebut merupakan hasil dari transkip atau data mentah dari penelitian yang sudah kita lakukan.

2. Setelah memastikan data sudah ter-import ke dalam Nvivo, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengkodean terhadap data. Kita juga sudah memastikan apa saja kode yang menjadi acuan kita. Misalnya kata singkatnya, kata kunci yang kita miliki adalah emosi, maka kode yang kita buat adalah marah, ceria, dan sedih. Ini hanya sebagai contoh.

3. Klik nodes pada navigations view. Bisa dilihat dalam gambar di bawah ini. Setelah kita klik, maka akan tampil lembaran kosong yang disebut detail view.


3. Setelah muncul detail view maka klik kanan pada lembaran kosong dan pilih New Code. Akan muncul tampilan seperti di bawah ini: 


4. Kita diminta untuk mengisi kode – kode yang tadi ke dalam jendela yang terbuka tersebut. Kita wajib mengisi nama kode, misalnya emosi. Sedangkan deskripsinya itu bisa tergantung teman – teman, mau isi atau tidak dan tidak akan berpengaruh terhadap proses analisis datanya. Contoh kita masukkan kode data
Emosi
               Marah
               Ceria
               Sedih



Dapat dilihat di bawah ini dan lakukanlah sampai kepada kode sedih. 

Setelah melakukan koding, akan tampil jendela di bawah ini:

5. Setelah kita melakukan koding data maka yang kita kembali mengklik navigations viewnya. Kemudain membuka dokumen yang sudah kita import. Dengan cara klik dua kanan dua kali pada dokumen. Maka akan muncul lembar kerja. 
6. Setelah terbuka, sahabat peneliti bisa mengedit data tersebut. Caranya adalah dengan mengkili “click to edit’. Cara memasukkan koding datanya adalah kita blok hasil wawancara. Setelah kita blok maka kita perlu memasukkan koding datanya ke dalam kalimat tersebut. 

7. Caranya adalah klik kanan hasil blok tersebut kemudian pilihlah code selection. “click to edit’. 

8. Maka akan tampil jendela seperti di bawah ini:

Pilihlah kode yang mana ingin teman – teman masukkan ke dalam kalimat yang diblok tadi. Centang, misalnya ceria, marah, emosi, dan sedih. Kemudian klik ok.
Maka secara langsung data detail view dalam dokumen akan ditampilkan dalam gambar di bawah ini. Bahwa nodes-nya sudah terisi menjadi 1 dan references-nya sudah terisi menjadi 1. Itu artinya bahwa dari dokumen kita sudah dikoding sebanyak satu kali dan sumbernya berasal dari satu data. 
Demikianlah cara koding data dokumen dalam Nvivo. Jika kurang paham, dapat dilihat dalam video di link ini https://www.youtube.com/watch?v=LXgKyiEt9T8 . Jangan lupa berbagi. 




Tags :

bm

bonarsitumorang

Pengajar Muda

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Bonar Situmorang
  • ????????????
  • Kec.Cilandak,Kota Jakarta Selatan
  • bonarsos@gmail.com
  • +62853-7028-9213