Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Selasa, Februari 26, 2019

Mengenal Program Analisis Data Kuantitatif (SPSS) dan Kualitatif (Nvivo)


Untuk melakukan sebuah penelitian tentu akan banyak menguras waktu dan tenaga terutama untuk menyelesaikan laporan. Sudah selayaknya mahasiswa, peneliti, atau pun orang yang sering melakukan penelitian harus mengetahui program – program yang dapat membantu dalam analisis data. Sebenarnya hasil penelitian yang sudah didapatkan bisa juga dianalisis secara manual. Namun, dewasa ini kebutuhan akan pengetahuan dalam menggunakan program wajib hukumnya untuk diketahui. Dalam tulisan ini saya akan memberikan penjelasan program – program yang dapat membantu dalam analisis data penelitian, terutama bagi yang berhubungan dengan penelitian kuantitati dan kualitatif. Adapun program tersebut adalah”



SPSS

SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) adalah aplikasi yang digunakan untuk melakukan analisis statistika tingkat lanjut, analisis data dengan algoritma machine learning, analisis string, serta analisis big data yang dapat diintegrasikan untuk membangun platform data analisis. SPSS salah satu software yang paling banyak dan sering digunakan untuk penelitian kuantitatif. Untuk menghasilkan analisis data yang komprehensif, seorang peneliti wajib mengetahui penggunaan program ini. SPSS lahir sebagai tujuan untuk mempermudah peneliti dalam mengorganisir dan menghasilkan data yang tepat sesuai dengan metode yang sudah ditetapkan. Sampai 2019, SPSS sudah memiliki versi yang ke-25.

SPSS sangat populer di kalangan peneliti dan statistikawan untuk membantu melakukan perhitungan terkait analisis data. SPSS menyediakan untuk perhitungan statistika dengan antarmuka interaktif yang menjadikannya sebagai software analisis data tingkat lanjut paling populer di berbagai universitas, instansi, dan perusahaan.



SPSS digunakan oleh berbagai universitas, institusi, dan perusahaan untuk melakukan analisis data. Berikut beberapa contoh penggunaan SPSS:

  1. Melakukan riset pemasaran (market research). Kuantitas dari pamasaran sebuah perusahaan atau pun lembaga ekonomi dapat dibantu dengan menggunakan SPSS. Karena SPSS bekerja sangat cepat , maka hasil daripada research yang sudah dilakukan dapat diterima secapat mungkin.
  2. Analisis data survey atau kuesioner. Dalam penelitian yang menggunakan survei atau kuesioner, SPSS menjadi salah satu andalan untuk menghasilkan analisis data yang cepat dan tepat. Dengan mengutamakan analisis statistik hasil survei akan menjadi lebih baik jika diperkaya dengan analisis dengan menggunakan SPSS. Jika responden yang kita miliki lebih dari 1000 orang, mungkin tidak akan banyak waktu untuk menghitung statistik yang ada di dalamnya. Namun dengan menggunakan program ini akan sangat mungkin dikerjakan dengan cepat.
  3. SPSS tergolong aplikasi yang mudah untuk digunakan. Salah satu software yang paling populer saat ini adalah SPSS. Kebutuhan untuk peneliti pemula sangat diharapkan untuk mengetahui program ini.

Nvivo

Nvivo dikenal untuk analisis data kualitatif. Perkembangan teknologi saat ini mampu mempermudah penelitian yang dilakukan oleh seseorang ataupun sebuah lembaga. Kebutuhan data  qualitatif dalam hasil penelitian bisa dibantu dengan menggunakan software ini. Nvivo itu sendii diproduksi langsung oleh QSR international. Nvivo ini dikembangkan khusus untuk QDA (qualitative data analysis).

Nvivo menjadi salah satu andalan terbaik bagi peneliti yang fokus kepada kualitatif data. Nvivo sampai saat ini sudah menghasilkan versi ke 12. Jenis Nvivo memiliki tiga tingkatan, beginner, plus, dan pro. Beginner merupakan jenis program yang disarankan untuk pemula, plus adalah salahh satu tingkatan yang sudah di atas beginner, sedangkan untuk pro merupakan program ini sudah menyediakan dan menggunakan tools yang ada.

Dalam program Nvivo ada beberapa cara yang harus diketahui dalam menggunakannya:
  1. Import data. Sebelum melakukan program ini lebih jauh, pertama sekali dilakukan adalah import data. Adapun jenis data yang dapat diimport ke dalam Nvivo adalah data dokumen, data gambar, data auido, dan data video. Ke empat jenis data ini merupakan data yang dapat dilakukan analisis dalam Nvivo. Untuk mengetahuinya dapat dilihat dalam https://www.bonarsitumorang.com/2019/02/10-cara-import-data-dalam-nvivo.html
  2. Nodes. Nvivo juga meneydiakn dalam pengkodean ke empat data tersebut. Kode data tersebut harus dilakukan secara terinci. 
Tujuan Penelitian Kualitatif dan Nvivo

Perspektif mempengaruhi cara pendekatan pengalaman baru, perangkat lunak untuk kualitatif sangat dibutuhkan dalam mengelola data yang ditemukan dari lapangan. Setiap peneliti tentu ingin data dan hasil penelitiannya bisa dikerjakan secara cepat dan menghasilkan data yang lebih baik. Untuk itu software Nvivo menjadi salah satu  program yang dapat meraih capaikan tersebut.

Para peneliti terlibat dalam proyek yang melibatkan interpretasi data tidak terstruktur atau semi-terstruktur karena berbagai alasan. Ini mungkin termasuk eksplorasi, deskripsi, perbandingan, analisis pola, pengujian teori, membangun teori, atau evaluasi. Metodologi secara rutin mendesak para peneliti untuk menilai kecocokan antara tujuan dan metode, dengan pilihan untuk menggunakan pendekatan kualitatif yang ditentukan oleh pertanyaan dan tujuan penelitian, daripada oleh preferensi peneliti sebelumnya (Maxwell, 2013; Richards & Morse, 2012). Kualitatif Metode akan dipilih dalam situasi di mana pemahaman rinci tentang suatu proses atau pengalaman dibutuhkan, di mana lebih banyak informasi diperlukan untuk menentukan batasan atau karakteristik dari masalah yang diselidiki. Informasi yang tersedia adalah dalam bentuk non-numerik (misalnya dalam bentuk  teks atau visual). Investigasi semacam itu secara tipikal memerlukan pengumpulan informasi intensif dan / atau ekstensif dari sampel yang diturunkan secara pasif.

Manfaat daripada menggunakan Nvivo adalah:

Kelola data. untuk mengatur dan melacak banyak catatan berantakan yang masuk membuat proyek kualitatif. Ini mungkin termasuk tidak hanya file data mentah dari kuesioner, kelompok fokus atau observasi lapangan, tetapi juga menerbitkan penelitian, gambar, diagram, audio, video, halaman web, sumber dokumenter lainnya, catatan kasar dan ide-ide yang ditulis dalam memo, informasi tentang sumber data, dan peta konseptual dari apa yang ada di dalam data.

Mengelola ide: untuk mengatur dan menyediakan akses cepat ke konsep dan teori pengetahuan yang dihasilkan selama studi, serta data yang mendukungnya, sementara pada saat yang sama mempertahankan akses siap ke konteks dari mana data tersebut telah datang.

Data kueri: untuk mengajukan pertanyaan data yang sederhana atau kompleks, dan memiliki programnya ambil dari basis data Anda semua informasi yang relevan untuk menentukan jawaban bagi mereka pertanyaan. Hasil kueri disimpan untuk memungkinkan interogasi lebih lanjut, dan juga permintaan atau pencarian menjadi bagian dari proses penyelidikan yang sedang berlangsung.

Visualisasikan data: untuk menunjukkan konten dan / atau struktur kasus, ide, konsep, pengambilan sampel strategi, jadwal, dll., pada berbagai tahap proses penafsiran, dan untuk secara visual mewakili hubungan di antara item-item ini dalam berbagai (sering interaktif) menampilkan.

Laporan data. menggunakan konten dari basis data kualitatif, termasuk informasi tentang dan dalam sumber data asli, ide dan pengetahuan dikembangkan dari mereka, dan proses pencapaian hasil-hasil ini.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot