Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Sabtu, Februari 23, 2019

9 Cara Koding Data Audio dalam NVivo

Tulisan kali ini akan menjelaskan cara koding data audio yang sudah terimport ke dalam Nvivo. Perlu untuk diketahui bahwa cara koding data bentuk audio atau pun video tidak terlalu banyak perbedaan. Jika video menampilkan gambar, sedangkan audio hanya berbentuk rekaman suara saja. Untuk lebih mudah memahaminya, saya akan coba menjelaskan kembali cara untuk koding data audio dalam Nvivo.

1. Sebelumnya, pada tulisan saya sudah menjelaskan bagaimana cara import data. Jika audio sudah terimport ke dalam Nvivo, maka akan tampil lembaran kerja seperti gambar di bawah ini:


Pada gambar di bawah ini menunjukkan ada satu data yang sudah terimport ke dalam NVivo. 

Sebagai contoh saya hanya menampilkan satu audio wawancara. Detail view berbentuk tabel menjelaskan name (untuk nama audio yang sudah diimport), Nodes (kode yang sudah dikerjakan, isinya masih kosong karena belum dikerjakan), References (kode dengan sumber data masih kosong), created (waktu import data), modified (jika ada perubahan data, maka akan ditampilkan dalam kolom ini), modified by (siapa yang import data).





2. Kemudian, klik kanan atau buka file audio. Maka akan muncul gambar di bawah ini. Gambar tersebut menampilkan indikator waktu audio, kemudian timespan dan content. Timespan perlu diketahui adalah waktu yang tercatat saat kita mengerjakan dalam membuat transkip. Sedangkan untuk content adalah keterangan atau isi dari video yang kita buat transkipnya.


3. Setelah itu, pilih “click to edit”. Ini berguna untuk dapat melakukan pegkodean. Di menu paling atas akan ada muncul media tools untuk melakukan transkip dalam audio. 


4. Untuk memutar audio, silahkan pilih play, jika ingin berhenti pilih stop. Teman – teman juga bisa memilih play speed untuk mengatur kecepatan pemutaran audio, lambat atau cepat.
Teman – teman juga bisa mengatur volume suara audio, dengan pilih volume pada media tools.

Jika teman – teman sudah memutar dan ingin mengetik isi daripada audio, silahkan pilih start selection dan ketiklah isi daripada audio pada content. Misalnya saya sudah memutar audio dan ingin mengetik “Saya merasakan ada perubahan terhadap pembangunan pariwisata di Danau Toba”, maka akan tampil lembar kerja pada Detail View pada di bawah ini:



5. Cara kodingnya adalah, silahkan blok kalimat yang ingin dibuat koding, misalnya saya ingin membuat koding “Saya merasakan ada perubahan terhadap pembangunan pariwisata di Danau Toba” adalah Pembangunan Danau Toba. Maka bloklah kalimat tersebut seperti gambar di bawah ini:


6. Kemudian klik kanan pada kalimat yang sudah diblok, maka akan muncul tampilan di bawah ini:


7. Kemudian pilihlah code selection and new code selection:


8. Maka dalam tampilan tersebut sudah dijelaskan bahwa kita bisa melakukan pengkodea langsung terhadap kalimat yang sudah diblok. Seperti contoh tadi bahwa kode yang ingin dibuat adalah “Pembangunan Danau Toba”. Maka teman – teman akan disuruh mengetik pada jendela yang sudah tersedia, tampilan bisa dilihat dalam gambar di bawah ini:


9. Kemudian pilih Ok, dengan demikian kalimat yang sudah kita blok sudah terkoding dengan kode “Pembangunan Danau Toba”.

Ini bisa dibutikan bahwa kita sudah melakukan pengkodengan dengan melihat file di detail view pada nodes refences. Dengan otomatis nodes akan berisi 1 dan references akan berisi jadi 1, karena kita sudah melakukan satu kali kode dan dari satu sumber audio. 





Demikianlah cara untuk melakukan pengkodean data audio di dalam Nvivo. Mudah – mudahan bermanfaat dan jangan lupa untuk dibagi untuk teman – teman lain. Jika teman - teman belum paham dengan tips ini, silahkan dilihat dalam video penjelasannya https://www.youtube.com/watch?v=cuuY_Al46Do&feature=youtu.be

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot