Maret 05, 2016

Makalah : Sejarah India di Medan



SEJARAH INDIA DI INDONESIA

Sejarah india di indonesia di mulai dari peradaban lembah industri, yang menyebar di bagian Barat Laut sub benua india dari tahun 3300-1700 SM. Peradaban zaman perunggu runtuh di pertengahan mileum kedua SM dan di ikuti dengan zaman Besi India pada abad ke 6 SM. Mahavira dan Gautoma Buddha lahir dan terjadi terutama pada bulan november dan desember di mulai-mulai sekali dari sejak zaman sebelum masehi menerima pandangan hindu-india.mereka membuat aksara pallaud dan bahasa sansekerta dan juga pada tahun 717 m pendeta tamil warujabadhi membawa aliran tantritisme nahayana buddha ke malaka seperti terdafat di candi di padang lawas dan patung di paganrrujung dan itu juga membawa pengaruh atas perdagangan dan adat-budaya kepada masyarakat di pantai barat sumatera utara dan mereka membawa aksara ballawa peranan etnis inidia dari malabar.menurut tome pires(1515) raja pasai dan sebagai penduduknya berasal dari india islam dari bengal.banyak pedagang gujarah.kling dan bengal .


SEJARAH  INDIA DI MEDAN


Kampung keling merupakan tempat pemukiman orang keling dan ternyata memang benar mayoritas penduduknya adalah orang keling dan keturunan india.kehidupan kampung keling ini masih kental dengan nuansa kehidupan orang-orang keturunan india yang beragama hindu.disini juga berdiri sebuah kuil yang megah yaitu kuil shri mariaman. Kuil itu adalah kuil hindu tertua di medan .kkeluarga  ini di bangun pada tahun 1884 dan dewi aman di kelola salah perusahan besar taxmaco ula marimati. Pintu gerbang di hiasi dengan gapuram yaitu menara bertingkat di temukan di pintu gerbang kuil kuil hindu dari india selatkhas sampai mall tan atau semacam gapura.
Daerah ini juga sangat rami dan padat karna banyak terdapat tempat pusat perbelanjaan  berbagai macam produk sperti toko roti,souvenurshop, makanan khas sampai mall terbesar di medan berada di antara kampung keling.

PENGARUH KEBUDAYAN INDIA MASUK KE INDONESIA

Pengaruh india masuk ke indonesia sangat membawa pengaruh luar biasa terutama di sektor ekonomi,politik,budaya dan agama dan efek yang terasa sampai sekarang yang di bawa india adalah dari sektor keagamaan. Karn agama hindu dan buddha tokoh penyebarannya dari india. India lebih dulu membangun hubungan dagang ke cina,  sehingga faktor ekonomi india masih kalah dari india,di benua asia terdiri 2 negeri besar yang tingkat peradabannya di anggap sudah tinggi, yaitu india dan cina.kedua negeri itu manjalin hubungan okonomi dan perdagangan yang besar . arus lalu lintas perdagangan dan pelayaran berlangsung melalui jalur darat dan laut salat malaka. India yang terlrtak di jalur silang 2 benua dan 2 samudra. Keterlihatan internaional indonesia dalam kegiatan perdagangan dan pelayanan menyebabkan timbulnya pertempuran budaya india merupakan negara pertama yang memberi pengaruh ke indonesia yaitu dalam budaya.

Tags :

bonarsitumorang

  • Bonar Situmorang
  • Medan
  • Jakarta Selatan
  • bonarsos@gmail.com
  • +62853-7028-9213