Januari 12, 2017

LANGKAH PERTAMA YANG PALING BERHARGA: PAHLAWAN

  Pembahasan tentang eksekusi untuk melakukan sesuatu adalah tidak akan lengkap jika kita tidak menyinggung satu kata ini “menunda”. Menunda adalah persoalan banyak orang. Hampir tidak ada orang yang bebas dari permasalahan ini.


     Menunda adalah masalah yang rumit dan melibatkan banyak penyebab, termasuk rendahnya kontrol diri yang ada di dalam diri individu, takut gagal perfeksionis, merasa tak berdaya karena melihat masalah sebagai sesuatu yang besar dan tidak bisa memecahnya menjadi bagian yang lebih kecil dan takut bosan. Karena itu, tidak ada obat tunggal yang bisa mengobati semua masalah penundaan. Akan tetapi kita bisa mempelajari suatu teknik utama yang bisa membantu kita menguranginya. Teknik tersebut bisa disimpulkan dalam tiga jata yang sudah sangat sering kita dengar dalam merek Nike? Just Do It!
     Dengan kata lain, jika seseorang malas melakukan sesuatu, jangan terlalu dipikirkan atau dianalisis hanya untuk itu saja. Lakukan saja langkah pertama. Pepatah mengataka, sejauh  mana pun melangkah, ya tetap memulainya dari langkah pertama? Pepatah tersebut sudah bertahan sejak ribuan tahun lalu dan berlaku bagi manusia, yang terkandung di dalamnya, langkah pertama yang kecil tapi berdampak besar bagi ke depannya.
Hal ini bisa dibuktikan bahwa sebuah langkah pertama yang kelihatannya mudah bisa membantu kita untuk bisa mengatasi masalah penundaan dan bisa membangkitkan motivasi kita.

Enam Langkah Menjadi Sang Pahlawan
      
Jika kita menemukan misi hidup yang sudah menjadi langkah yang baik, Kita sudah siap menjadi seorang pahlawan. Tentunya bagaimana menjadi seorang yang bisa berubah dari biasa menjadi luar biasa. Menurut Campbell (Hero Journey), enam langkah atau tahapan yang penting yang harus dilewati seseorang dalam mencapai sesuatu yang sangat penting, yaitu:
  1. Innocence (mereka yang hidup biasa)
  2. Kemudian langkah kedua adalah the call, artinya panggilan.
  3. Initation, artinya setelah ada panggilan seseorang akan menghadapi banyak tantangan.
  4. Allies, seseorang akan membutuhkan orang lain dalam melewati initation, sehingga mereka akan meminta bantuan kepada teman, keluarga, dan lain-lain.
  5. Breakthrough artinya terobosan yang harus dilewati
  6. Dan langkah yang ke enam adalah celebration atau dimaksud dengan keberhasilan.

Perjalanan yang berat adalah ujian yang berat dan membuat kita lebih tahu apa yag harus kita lakukan, mana yang penting mana yang tidak. Untuk meraihnya kita harus bisa mencapai dengan hal yang berbeda dengan orang lain dan menempuh jalan yang jarang dilewati orang lain. 

Tags :

bonarsitumorang

  • Bonar Situmorang
  • Medan
  • Jakarta Selatan
  • bonarsos@gmail.com
  • +62853-7028-9213