Juni 29, 2018

ESSAI, MENGAPA SAYA PERLU BEASISWA?

Semua akademik pasti membutuhkan beasiswa, terutama saat menghadapi bangku perkuliahan. Tak bisa dipungkiri bahwa keberadaan beasiswa sangat membantu seseorang untuk meraih cita-citanya. Banyak kesempatan yang bisa diraih melalui adanya beasiswa, baik itu keberlanjutan pendidikan kita bahkan sampai mengantar kita kepada kesuksesan. 

Ilustrasi Manfaat Beasiswa
Tentu untuk mendapatkan beasiswa bukan perkara mudah, banyak syarat dan standart yang harus kita penuhi dan capai sebelum mencoba dan meraihnya. Lembaga pemberi beasiswa tentu tidak asal-asalan memilih calon penerima beasiswa.

Berdasarkan pengalaman dalam suatu situasi baik saat pelengkapan berkas ataupun saat wawancara, satu pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan kepada kita. Misalnya, mengapa kamu perlu beasiswa? Pertanyaan ini mudah namun menjebak, untuk beberapa lembaga akan menyuruh kita membuat essai dengan menjawab pertanyaan tersebut.

Di bawah ini saya mencoba menyajikan essai dengan tema “alasan mengapa perlu beasiswa? Ini hanya contoh dan untuk menjadi lebih baik tentu harus ada perubahan dan pengalaman berbeda.
                                                                    
_____________
­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­Semua orang pastinya membutuhkan beasiswa. Baik orang yang berada di kelas atas, menengah ataupun kelas bawah. Semua orang berharap untuk bisa mendapatkan beasiswa. Berbagai alasan bisa dituliskan mengapa perlu beasiswa. Sampai mempergunakan kesempatan meraih cita-cita yang lebih tinggi berkat bantuan beasiswa.

Secara pribadi, saya sangat membutuhkan beasiswa. Saya terlahir dengan kondisi kehidupan yang bisa dikategorikan miskin. Namun, niat untuk meretas kemiskinan itu sudah ada sejak kecil, yakni melalui pendidikan. Saya ingin mengubah kondisi kelurga, mungkin dengan meraih cita-cita tertinggi lewat pendidikan. Tekat tersebut sudah tertanam di hati saya sebelum masuk perkuliahan ke bangku perkuliahan.

Namun banyak jalan yang berbatu yang saya hadapi. Bahkan sebelum masuk ke universitas, suatu kepahitan hidup yang saya terima adalah kepergian ayah pada saat kelas tiga SMA. Tepatnya seminggu sebelum mengahadapi Ujian Nasional. Kenyataan pahit itu harus bisa diterima dan dihadapi dengan lapang dada. Dengan  membawa tekat dari awal, memberanikan diri untuk kuliah adalah cara yang tepat untuk menghapuskan kesedihan dan niscaya niat baik itu akan disertai Tuhan. Sampai pengumuman ujian masuk perguruan tinggi, dan puji Tuhan saya diterima diberikan kesempatan dalam mengecap pendidikan lebih tinggi.
           
Berbeda dengan pengalaman SMA sebelumnya yang bisa dikatakan lebih seidikit tantangan yang harus dihadapi. Namun semenjak masuk kuliah banyak tantangan yang harus dihadapi di depan mata, manajemen waktu, finansial dan sering terganggu konsentrasi untuk menghadapi perkuliahan karena banyak pikiran yang mengganggu dihadapi dalam dinamika universitas kehidupan ini.
           
Pada akhirnya kesempatan untuk mendapatkan donasi dari lembaga beasiswa sangat dibutuhkan. Karya Salemba Empat merupakan lembaga yang berdiri yang akan memberikan solusi yang tepat dalam menjalankan perkuliahan. Beasiswa ini sangat saya butuhkan dan tidak hanya berhubungan dengan uang melainkan KSE memberikan suatu wadah bagi saya untuk bisa menjadi tempat bersandar, membangun jati diri, menciptakan peluang untuk dikembangkan dalam hal bakat, kepemimpinan, manajemen waktu serta wadah berdiskusi untuk kemajuan bangsa dan negara.



Beasiswa ini saya butuhkan demi mencapai tangga kesuksesan dalam perkuliahan demi terciptanya masa depan yang lebih bermanfaat bagi bangsa dan negara. Melanjutkan kesempatan yang sudah diberikan Tuhan masuk ke Universitas merupakan kewajiban dan sekaligus hak saya. Sehingga kesempatan mendapatkan beasiswa KSE ini sangat saya tanggapi dengan serius dan sangat saya perlukan kehadirannya.                                         
________
Terlebih biaya pendidikan yang sangat tinggi, biaya hidup, biaya penelitian, biaya buku, dan biaya lain. Tantangan ini perlu dihadapi mahasiswa dengan cara mendapatkan beasiswa. Hingga keadaan ekonomi tidak menjadi penghalang dalam mendapatkan cita-cita. Ayo segera dapatkan beasiswamu!!!
             



Tags :

bonarsitumorang

  • Bonar Situmorang
  • Medan
  • Jakarta Selatan
  • bonarsos@gmail.com
  • +62853-7028-9213