Juli 22, 2018

CARA MENGGUNAKAN MODELS DALAM NVIVO


Teman – teman mungkin sudah ada yang mendengar aplikasi analisis data Nvivo. Bahkan sudah banyak yang menggunakan analisis data dengan menggunakan software ini. Jika belum pernah mendengar dan bahkan belum pernah menggunakan Nvivo, di sini saya akan menjelaskan bagaimana menggunakan Nvivo.
Dewasa ini Nvivo juga sudah diperbaharui setiap tahunnya dari Nvivo8, Nvivo9, Nvivo10, Nvivo11 dan yang paling terbaru adalah Nvivo12. Tentu setiap tipe memiliki perbedaan terutama dalam perubahan setiap fitur. Namun, pada intinya Nvivo tetap digunakan sebagai analisis data penelitian.

Jika selama ini kita sangat famiiar dengan SPSS sebagai uji data kuantitatif dan statistik. Kali ini kita akan sedikit melangkah untuk mengelola data dengan Nvivo yang secara pandangan digunakan untuk data kualitatif.
Pertama di dalam toolbar terdapat menu file, edit, view, go, project, links, code, tools, windows dan yang paling terakhir adalah help.
Kedua adalah jendela kerja pada Nvivo 8 yang menjadi uji analisisnya adalah:
  1. Sources
  2. Nodes
  3. Sets
  4. Queries
  5. Models
  6. Links
  7. Clasifications
  8. Folder

Untuk lebih jelas tampilan pertama saat membuka jendela kerja Nvivo dapat dilihat dalam gambar du bawah ini.



Dalam uji analisi kali ini saya akan memberikan penjelasan bagaiman menggunakan analisis models dalam Nvivo 8. Untuk tidak melelahkan dalam membuat mapping dan ingin menunjukkan hubungan variabel. Nah Nvivo sangat baik untuk membuat laporan seperti di bawah ini. Jika yang kita kerjakan hanya 2 hubungan saja mungkin bisa kita kerjakan dalam aplikasi yang lain namun bagaiman jika yang harus kita kerjakan lebih kompleks dari gambar di bawah ini.


Setelah teman – teman memiliki aplikasi Nvivo 8 di komputer dan jika belum silahkan dicari dulu dan diinstal. Pertama perlu diperhatikan adalah siapkan dulu dalam pikiran kita bagaiman model yang harus kita buat dan jika perlu coret – coret saja dulu dalam lembar kertas data yang ingin kita jadikan agar nant saya membuat laporan bisa mempercepat penggunaan Nvivo.
Prosedurnya adalah:
Buka New Project dalam Nvivo 8 dan  berikan nama Folder yang ingin tema – teman buat, kemudian pada menu toolbar pilih new dinamic models. Selanjutnya adalah pada jendela kerja Nvivo ada beberapa analisis yang tampil. Kemudian pilih models dan berikan judul modelny tersebut. Kemudian akan muncul lembar kerja dalam Nvivo. Tarik jenis models yang ingin kita buat dan sesuaikan dengan kebutuhan dan klik pada gambar tersebut dan dengan mengetik kata yang dibutuhakan.

Untuk membuat garis penghubung pilih toolbar new connector dan pilih sesuai dengan kebutuhan. Selanjutnya untuk mengetik hubungan klik pada garis dan ketik sesuai kata. Terakhir jangan lupa save dan pastikan sebelum menutup jendela kerja Nvivo data teman – teman sudah tersiman. Mudah – mudahan bermanfaat.

Tags :

bonarsitumorang

  • Bonar Situmorang
  • Medan
  • Jakarta Selatan
  • bonarsos@gmail.com
  • +62853-7028-9213