Juli 23, 2018

Pendidikan

Pendidikan itu penting dan menjadi modal dasar bagi manusia untuk mengubah dirinya sendiri, keluarga, dan bahkan ke dunia luar. Untuk itu walau kadang sudah lelah mencoba masuk ke perguruan tinggi negeri saya tidak pernah putus asa.

Momen Wisuda




Para Patrilineal Sosiologi 2013


Puji Tuhan pada tahun 2013 saya berkesempatan memasuki pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Tepat pada bulan Juli 2013 saya lulus  ke Universitas Sumatera Utara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Jurusan Sosiologi. 
Setelah Sidang Skripsi

Pengalaman berharga saat INISIASI Sosiologi 2013 di Parapat
Momen pertama kali terjun penelitin ke lapangan di Desa Jaring Halus Kecamatan Secanggang
Pengalaman penelitian Partisipatif di Desa Nagasaribu Kecamatan Lintong Nihuta
Sosiologi tetap dihati
Acara GEOS di UGM 
Sejak semester pertama saya mencoba menyelami dunia akademik universitas, karena memang merasa hal baru mengenai universitas. Banyak pengalaman yang didapatkan sejak belajar di Universitas Sumatera Utara. Terutama dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian, pengalaman organisasi, dan paling utama adalah mengontrol cita - cita dalam tantangan kuliah.
Momen naik gunung harus dirasakan selama masih kuliah.


Semester demi semester terlewati dengan penuh hikmat akhirnya saja berada pada tahap akhir kuliah untuk mendapatkan gelar sarjana. Pada 21 Agustus 2018 saya tercatat sebagai alumni dari Sosiologi Universitas Sumatera Utara.

Pantas dan wajib saya sampaikan ucapan banyak terima kasih kepada dosen, teman - teman seperjuangan, dan paling utama dan pertama kepada seluruh keluarga yang saya cintai. Semoga mama dalam keadaan sehat dan ayah selalu tenang dalam tidur abadimu.


Orangtua yang saya hormati dan sayangi




Sekolah Menengah Atas (disingkat SMA; bahasa Inggris: Senior High School atau High School), adalah jenjang pendidikan menengah pada pendidikan formal di Indonesia setelah lulus Sekolah Menengah Pertama (atau sederajat).



Masa SMP adalah masa di mana kamu mendapatkan satu angkatan yang menciptakan banyak memori kenangan yang akan selalu kamu ingat. Menjadikanmu lebih berpikir luas tentang betapa pentingnya pendidikan dan sekolah. Masa SMP menjadi sangat baru ketika kamu harus memakai baju sekolah berwarna putih dan celana biru. Selain perbedaan itu kamu akan bertemu dengan banyak teman – teman yang berasal dari beberapa sekolah dasar. Tentu akan menambah banyaknya kenangan yang tercipta pada masa itu.

Tentu saja hal itu juga saya temukan saat masih duduk di bangku SMP. Pengenalan terhadap guru baru, sekolah baru, tingkat kesulitan pelajaran, bahkan sampai kepada pengalaman pentingnya melepaskan masa anak – anak ke masa remaja.

Tangga Sekolah SMP Negeri 4 Parilitan

Saya sekolah di SMP Negeri Parlilitan. Pertama kali saya menginjakkan kaki pada tahun 2006 sampai lulus pada 2009. Pengalaman terbaik saya saat masih duduk di SMP adalah ketika bisa mendapatkan beasiswa dari pemerintah kabupaten pada kelas VII.

Masa SMP adalah masa di mana kamu mengenal kepribadianmu dan kebahagianmu bersama teman – teman.  Dulu kegiatan yang sangat saya minati adalah bermain volli dan sepakbola. Jika mengingat masa SMP akan selalu segar dipikiran bahwa kedua permainan ini memiliki memori tersendiri. Akan sangat sedih ketika dalam hitungan hari kita tidak bermain volli dan sepakbola.

Guru SMP adalah guru yang selalu memberikan perhatian khusus terhadap perkembangan pengetahuan, kepribadian, dan bahkan rohani kita sendiri. Kita akan selalu dinasehati untuk selalu bertingkah laku baik dan taat kepada orangtua dan guru sendiri. Rajin ibadah adalah satu indikator penilaian untuk matapelajaran Agama. Jika pada hari Minggu kita tidak gereja, maka siap – siap pagi Senin akan dipanggil dan diberikan sanksi.

Masa ini kuakhiri pada tahun 2009 dan tidak akan bisa kulupakan. Semoga ke depan SMP Negeri 4 Parlilitan selalu melahirkan generasi – generasi yang akan menyebar nama baik sekolah. Tidak akan pernah lupa, bahwa teman – teman waktu SMP akan menjadi teman paling berharga dalam proses hidup. Semoga kalian dalam keadaan sukses semua.

Sukses selalu buat teman - teman ku SMP


1.     ARMATIUS BARASA
2.     BONAR SITUMORANG
3.     DANIEL SIHOTANG
4.     DONI BARASA
5.     EFRINTA TUMANGGOR
6.     ELFRIDA SINAGA
7.     ERMIKA TUMANGGOR
8.     ESTER BOINYATA HASUGIAN
9.     FLORENSIA TUMANGGOR
10.   HASIHOLAN SIHOTANG
11.   HELENA TUMANGGOR
12.   HENDRI FORT TUMANGGOR
13.   HERIANI BARASA
14.   HERLIN BARUTU
15.   HERLINDA TUMANGGOR
16.   HILDE BARUTU
17.   HOTMARGANDA TUMANGGOR
18.   LASTON HERMANTO NAHAMPUN
19.   LINDA HASUGIAN
20.   MAROLOP BARASA
21.   MASNIDA
22.   MIRAWATI BARASA
23.   NAWI FLORA TUMANGGOR
24.   NERITA TUMANGGOR
25.   PIRMA TUMANGGOR
26.   POSMA BARUTU
27.   RANDI NAINGGOLAN
28.   RANSI BARUTU
29.   RIAMIN NAINGGOLAN
30.   RIWAN TUMANGGOR
31.   ROMAULI TUMANGGOR
32.   SARTINI NAINGGOLAN
33.   SUGITO TUMANGGOR
34.   TRIKO SITUMORANG




Saya pertama kali sekolah pada tahun 2000 hampir tujuh tahun sekolah setelah saya lahir. Sekolah yang saya banggakan di SD Negeri 175790 yang beralamat di Hutagalung Desa Sionom Hudon Tonga Kecamatan Parlilitan Kabupaten Humbang Hasundutan Provinsi Sumatera Utara

Sampai hari ini kenangan masa SD masih segar diingatan, bermain sepuasnya, ketakutan atas ketidaktahuan, bermain bola bersama teman - teman. Teringat saat masih kecil senang bermain bola, mandi di sungai, bermain guli, dan banyak lagi kenangan yang tercipta. Seakan waktu 6 tahun di sekolah ini tidak pernah membosankan. 

Tidak lupa juga dalam ingatan saat sekolah kelas satu dan dua yang masih bodoh; tidak tahu membaca; berhitung, yang tahu hanya nyanyi sekencang mungkin. Mata pelajaran yang paling diminati adalah orkes atau penjaskes. Mata pelajaran yang paling tidak disukai adalah matematika. Tidak pernah lupa bersyukur atas ilmu yang diberikan. Saya tamat dari SD ini pada tahun 2006. 
Foto Rapor Selama Enam Tahun

Penghargaan yang wajib saya sampaikan kepa guru - guru yang sudah mengajari. Tidak akan pernah terlupakan semua ilmu dan kasih sayang yang selalu kalian berikan. Semoga guruku selalu diberikan berkat dan kesehatan. Saya sudah pernah menyapa melalui satu hari pengabdian di sekolah ini, semoga bisa menginspirasi adik - adik yang saya semua di sana.

Salam rindu selalu buat SD Negeri Hutagalung dan semakin jaya dalam memajukan pendidikan Indonesia. 

Salam hangat dariku, alumni SD Hutagalung





Tags :

bonarsitumorang

  • Bonar Situmorang
  • Medan
  • Jakarta Selatan
  • bonarsos@gmail.com
  • +62853-7028-9213