Desember 19, 2018

TIPS MENJADI ENUMERATOR ATAU SURVEYOR SUKSES DI LAPANGAN


Suka atau tidak suka, peneliti harus melalui enumerator atau surveyor untuk menjadi peneliti yang sukses. Sebagian orang mau menjadi enumerator atau surveyor, pertama ingin mendapatkan pengalaman di lapangan, kedua mendapatkan banyak kenalan baik sesama enumerator atau surveyor, ketiga motivasi mendapatkan uang. Semua ini beralasan, sebagian orang berjuang menjadi petugas lapangan adalah untuk memenuhi kebutuhan.




Kali ini saya akan memberikan tips – tips menjadi enumerator yang sukses di lapangan. Bagi yang sudah pernah menjadi petugas lapangan khusus tujuan penelitian pasti akan mengalami beberapa pengalaman unik. Pengalaman unik itu didapatkan dari lapangan atau pun sebelum menuju ke lapangan.
Tips ini saya tuliskan berdasarkan pengalaman seorang enumerator atau surveyor. Jadi mungkin saja ada tips yang berbeda – beda dari sahabat peneliti. Adapun tips menjadi enumerator atau surveyor adalah:

Carilah Informasi
Informasi menjadi petugas lapangan adalah pertama dan utama. Seseorang yang mendapatkan informasi terlebih dahulu tentang kesempatan menjadi peneliti akan mendapatkan peluang yang besar untuk masuk. Cara mendapatkan informasi ini adalah salah satu fokus, pertama, caranya yakni jalinlah tetap komunikasi dengan orang – orang yang berpengaruh dalam keseharianmu, pasti ke depan mereka akan menjadi orang – orang pertama memberikan informasi kepadamu. Kedua, ketika sudah menjadi seorang petugas lapangan kamu akan mengenal banyak orang – orang baru, baik sesama petugas lapangan atau pun orang – orang yang hebat sebagai atasanmu dalam penelitian tersebut, tetaplah jalin komunikasi, ketiga adalah cobalah mencari informasi di internet tentang kesempatan tersebut.

Mengirim Berkas
Untuk lembaga yang menangani bidang penelitian biasanya akan melakukan seleksi terbuka untuk calon petugas lapangan. Jika kamu sudah dapat informasi tersebut, kirimlah berkasmu segera mungkin dan usahakan isi berkas adalah pengalamanmu yang sudah ada mengenai penelitian tersebut.

Fokus Saat Pelatihan
Untuk menjadi peneliti lapangan, pasti akan dibekali untuk menguasai penelitian. Tentu pengetahuan pelatihan ini  akan kamu bawa ke lapangan. Usahakanlah tetap mengikuti pelatihan tepat waktu dan berdiskusi dengan sahabat – sahabat peneliti untuk topik yang kurang jelas atau belum kamu pahami. Untuk paham benar tentang topik yang ingin diteliti, tentu kamu harus aktif dengan cara menanyakan kepada pemapar (narasumber). Jika kamu tidak serius maka hasil penelitianmu tidak akan valid.

Perhatikan Kontrak Kerjamu


Saat menyelesaikan pelatihan seorang peneliti dihadapkan dengan beberapa pertanyaan yang menjadi keseringan saya temukan berdasarkan pengalaman. Itu adalah kontrak kerja, ini mengingat berapa lama proses penelitian yang harus kamu kerjakan, berapa biaya yang diberikan kepadamu, dan hak kewajiban yang kamu pegang. Tentu sebelum  menyudahi pelatihan kamu akan diberikan kesempatan membaca dan memahami isi surat menyurat yang diberikan kepadamu. Setuju atau tidak, keputusannya ada dari dirimu sendiri.

Buatlah Anggaran Biayamu
Sebelum berangkat ke lapangan penelitian, saya sarankan kamu membuat anggaran biayamu untuk menuju, saat penelitian, dan saat pulang. Ini sangatlah penting karena akan menyangkut isi dompetmu. Setiap orang berbeda – beda dalam menangani anggaran biaya, intinya adalah jangan sampai kamu minus. Karena di lapangan akan banyak terjadi, kesempatan wisata, kesempatan membeli barang – barang, dan paling penting adalah kebutuhan hidup selama proses penelitian. Jika kamu sudah pengalaman ke lapangan, tentu ini tidak menjadi permasalahan yang amat serius, akan tetapi jika kamu baru memulai menjadi peneliti lapangan, pergunakanlah biaya yang da untuk kebutuhan penelitian saja, nanti baru nikmati.

Jaga Harga Dirimu
Ke depan kamu akan hadapi beberapa tipe orang – orang di lapangan. Sebagian ada yang serius, ada yang tidak serius, bahkan ada yang memanipulasi data. Untuk itu jadilah seorang petugas lapangan yang serius dan mengutamakan integritas diri. Ke depan harga dirimu akan dipertaruhkan jika hasil penelitianmu tidak sesuai harapan. Penelitian ini tentu harus dilakukan dengan koridor yang sudah ada. Karena orang yang sudah dikenali cara kerja yang tidak baik tentu akan dipertimbangkan ke depan.  Jadilah peneliti yang jujur.

Belajar Bersosialisasi
Belajarlah selalu bersosialisasi dengan orang – orang yang kamu hadapi di lapangan. Jangan pernah menghakimi, mengajari, atau pun menjanjikan kepada siapapun tentang hal yang kamu teliti. Dan biasakan mencari perangkat yang ada didaerah untuk mendapatkan izin penelitian dan upayakan kamu menjadi orang yang rendah hati saat berada di lapangan. Untuk penelitian akan berlaku juga di mana langit kamu jinjing di situ juga tanah kamu pijak, artinya pahami sosial budaya yang ada di lapangan. Upayakan juga untuk menjadi seperti air yang mengalir. Aku jamin, kamu akan dapat hasil yang baik.


Tags :

bonarsitumorang

  • Bonar Situmorang
  • Medan
  • Jakarta Selatan
  • bonarsos@gmail.com
  • +62853-7028-9213