Februari 08, 2020

PERAN MODAL SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA MENUJU KABUPATEN TAPANULI TENGAH NEGERI WISATA SEJUTA PESONA (PKM)


PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM)
JUDUL PROGRAM

PERAN MODAL SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA MENUJU KABUPATEN TAPANULI TENGAH NEGERI WISATA SEJUTA PESONA
(Studi Pada Masyarakat Di Kecamatan Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah)


      
   
1.     Latarbelakang Masalah
Modal sosial merupakan syarat yang harus terpenuhi dalam pembangunan. Berbagai permasalahan dan penyimpangan yang terjadi di berbagai negara faktor utamanya adalah tidak berkembangnya modal sosial yang ada di tengah masyarakat. Modal sosial yang lemah akan menurunkan semangat gotong royong, memperparah kemiskinan, meningkatkan pengangguran, kriminalitas, dan menghalangi setiap upaya untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk (Inayah, 2012).

Modal sosial selama ini dipandang memiliki peran dalam pengembangan suatu masyarakat dan menjadi kunci keberhasilan. Komponen modal sosial yaitu rasa saling percaya, jaringan kerjasama dan norma, dinilai mempunyai hubungan positif dengan pertumbuhan ekonomi wilayah terutama dalam interaksi ekonomi baik di negara berkembang maupun di negara maju (Vipriyanti, 2011).

Pentingnya peran modal sosial dalam pembangunan tersebut tentu saja tidak terkecuali dalam pembangunan pariwisata. Bahkan pengakuan pentingnya modal sosial dalam pariwisata ini muncul dalam gagasan tentang paradigma baru dalam pengembangan pariwisata yakni paradigma berkualitas, berkelanjutan dan berkerakyatan yang di dalamnya menuntut adanya modal sosial (Pitana, dalam Atmadja, 2010).

Berangkat dari pendapat bahwa modal sosial memiliki peran penting dalam pembangunan termasuk dalam pariwisata ini maka penelitian ini mencoba mengkaitkan modal sosial dengan pengembangan desa wisata. Penelitian ini mengambil lokasi di Kabupaten Sleman.

2.     Tujuan Penelitian
Atas dasar latar belakang dan perumusan masalah, maka penelitian ini bertujuan untuk:
Mengetahui kondisi modal sosial masyarakat di Desa Wisata Pentingsari dan Sambi.
Mengetahui keberhasilan pengembangan pariwisata di Desa Wisata Pentingsari dan Sambi.
Mengetahui hubungan modal sosial terhadap keberhasilan pengembangan desa wisata.

3.     Manfaat Penelitian
Sehubungan dengan tujuan yang akan dicapai, maka hasil penelitian yang akan dilakukan diharapkan dapat memberikan manfaat, yaitu:
1.     Bagi pengembangan ilmu pengetahuan dapat menambah wawasan mengenai peran modal sosial terhadap keberhasilan kegiatan pariwisata berbasis masyarakat.
2.     Bagi Pemerintah Daerah dapat sebagai bahan pertimbangan dalam proses perencanaan dan pengembangan wilayah melalui sektor pariwisata berbasis masyarakat dan potensi lokal.
3.     Bagi masyarakat diharapkan dapat memberikan inspirasi terkait pemanfaatan potensi lokal wilayahnya.


Tags :

bonarsitumorang

  • Bonar Situmorang
  • Medan
  • Jakarta Selatan
  • bonarsos@gmail.com
  • +62853-7028-9213