Oktober 05, 2020

Lima Jenis Fungsi Pemimpin, Kamu Dominan yang Mana?

Kamu tentu pernah berhadapan dengan seorang pemimpin. Mulai dari ruang paling kecil, dalam keluarga misalnya, seorang pemimpin sangat dibutuhkan. Bisa seorang ayah atau ibu. Di sekolah, kamu punya pemimpin juga. Kepala sekolah, guru, ketua kelas, atau bahkan teman gengmu sendiri punya seseorang yang kamu anggap pemimpin. Belum lagi ketika berhadapan dengan dunia kerja, kamu tentu punya seorang pemimpin. Dan ruang lebih luas lagi seperti negara bahkan dunia juga memiliki pemimpin. Fungsi setiap pemimpin itu berbeda-beda dan tergantung di mana dan kapan dia memimpin.

Namun secara umum, seorang pemimpin akan memiliki cara kepemimpinan yang berbeda.  Faktanya kepemimpinan akan efektif jika itu dilakukan sesuai dengan fungsi. Fungsi dari kepemimpinan itu akan berhubungan langsung dengan situasi yang dipimpin. Seorang pemimpin yang dapat mengambil keputusan dengan tepat, seluruh anggota akan merasakan sebuah tanggung jawab bersama. Dimensi dalam kepemimpinan itu ada dua, pertama dimensi yang berkenan dengan tingkat kemampuan mengarahkan, kedua dimensi tingkat dukungan. Keterlibatan dalam setiap pekerjaan dan keputusan dari seluruh anggota menjadi salah satu tolok ukur kepemimpinan.

Dalam tulisan ini akan menjelaskan ada lima fungsi kepemimpinan, antara lain: 


Fungsi Instruktif

Fungsi ini pengertiannya adalah fungsi untuk mengambil keputusan dengan cara memerintahkan kepada anggota. Fungsi ini akan disebut sebagai sebuah kemampuan untuk mewujudkan  menjadi sebuah pesan. Dalam kepemimpinan diperlukan cara juga memerintah orang lain dan mampu memotivasi orang lain agar juga melakukan apa yang dia perintahkan. Pemimpin sebagai pemegang komunikasi di sini, harus memastikan pesan yang disampaikan tersebut.

Fungsi Partisipatif

Fungsi ini bukan hanya sekedar ikut serta dalam sebuah kepemimpinan, tetapi pemimpin diharapkan mampu menggerakkan seluruh anggota. Komunikasi ini akan berkembang jika seorang pemimpin mampu menjalin komunikasi para anggotanya. Gagasan, ide, dan pertukaran informasi sangat diharapkan dalam fungsi ini. pemimpin tidak hanya mampu membuat keputusan, tetapi juga mampu menggerakkan anggota dan setiap elemen yang ada di dalam strukturnya.

Fungsi Konsultatif

Kalau fungsi ini juga sudah sering kita dengar, fungsi ini diharapkan para pemimpin dapat memberikan keputusan, penilaian, dan feed back kepada orang yang dipimpinnya. Konsultasi ini dapat dilakukan dengan dua arahnya kepada orang yang dipimpinnya dan menetapkan perintah pelaksanaanya. Dalam fungsi konsultasi ini pemimpin juga bisa menggunakan ini sebagai wadah untiuk menerima tanggapan, saran, atau masukan dari anggotanya untuk perbaikan dan peningkatan kualitas program yang sedang dilaksanakan.

Fungsi Delegasi

Seorang pemimpin diharapkan bisa memberikan manfaat kepada anggotanya dari segi diligasi. Fungsi ini diharapkan dilakukan untuk membangun suasana kerja yang efektif dan efisian. Seorang pemimpin yang mampu memberikan delegasi kepada para anggotanya akan dapat mempengaruhi kualitas kinerja. Ini juga diperlukanj atas perkembangan setiap tekonologi dan perubahan sosial yang terjadi dalam setiap waktu. Seorang yang menerima delegasi itu sebaiknya dapat mengerjakan dan memegang itu agar mendapatkan sebuah kepercayaan dari seorang pemimpin.

Fungsi Pengendalian

Fungsi yang terakhir ini dapat dilihat denga memanfaatkan kekuasaan. Biasanya fungsi ini dilakukan satu arah, karena memang menjadi tanggung jawab dan peran seorang pemimpin. Pengendalian itu dilakukan dalam setiap program yang dilaksanakan. Dengan melakukan kegiatan ini berarti pemimpin berusaha mencegah terjadinya kekeliruan, kesalahan, dan kekurangan program. Koordinasi yang baik antar lini akan memberikan pengendalian yang baik dari pemimpin. Fungsi pengendalian ini diharapkan mampu memberikan kontrol terhadap volume kerja dan beban kerja yang dimiliki oleh pemimpin. Pengendalian ini dapat dilakukan secara langsung dan dapat dilakukan secara tidak langsung. Jika langsung, pemimpin dengan hadir dan langsung memberikan perhatian kepada kondisi yang dilihat. Pengendalian secara tidak langsung dapat dilakukan dengan jarak jauh. Dengan menerima laporan atas program yang dilaksanakan.

Lima fungsi kepemimpinan di atas sudah mencakup seluruh tingkat fungs kepemimpina. Keberhasilan seorang pemimpin melakukan fungsinya dapat dilihat dari hasil kerja dari seluruh anggotanya. Pemimpin tidak melakukan sendiri fungsi ini, akan tetapi bisa melakukannya dengan bentuk lain dan menggunakan kekuasaanya mempengaruhi anggotanya. Seorang pemimpin yang berhasil adalah pemimpin yang dapat melakukan perannya sesuai dengan fungsinya.

 

 


Tags :

bonarsitumorang

  • Bonar Situmorang
  • Medan
  • Jakarta Selatan
  • bonarsos@gmail.com
  • +62853-7028-9213