Oktober 07, 2020

Lima Unsur Kepemimpinan

Kepemimpinan merupakan suatu peran dan tugas yang diambil seseorang dalam melakukan sebuah pekerjaan. Pengertian kepemimpinan bisa dibagi ke dalam dua jenis, pertama kepemimpinan dalam konteks struktural, kedua kepemimpinan dalam konteks non-stuktural. Kepemimpinan konteks struktural tersebut terikat pada pembidangan kerja dan struktur pada birokrasi. Pada jenis ini, pemimpin dibedakan kepada tiga jenjang yaitu pemimpin tertinggi, pemimpin puncak, dan pemimpin tingkat teredah. Sedangkan kepemimpinan dalam konteks non-struktural tidak terikat pada struktur yang pasti dan statis. Dalam konteks non-struktural seperti ini seorang pemimpin dipiliih dan diangkat oleh anggotanya karena sesutu. Jadi singkatnya kepemimpinan non-struktural dapat diartikan sebagai proses mempengaruhi pikiran, perasaan, tingkah laku, dan mengarahkan semua fasilitasi secara bersama-sama.



Kepemimpinan tentu memiliki unsur-unsur. Baik kepemimpinan struktural atau non-sturktural. Di bawah ini akan dijelaskan apa saja unsur-unsur dari kepemimpinan.

·       Adanya pemimpin

Fungsi dari pemimpin ini adalah untuk memimpin. Jika dalam sebuah organisasi tidak memiliki pemimpin yang jelas maka otomatis itu tidak baik dalam kepemimpinannya. Pemimpin di sini bisa dipilih dan diangkat oleh anggotanya. Metode-metode memilih pemimpin itu berbeda-beda sesuai dengan konteks organisasinya.

·       Adanya orang lain yang dipimpin

Jika dalam organisasi tidak ada anggota otomatis tidak ada juga orang yang dipimpin. Ibarat sebuah negera, anggota inilah disebut masyarakatnya. Tentu sebuah organisasi yang baik memiliki anggotanya yang baik juga.

·       Adanya sebuah kegiatan menggerakkan orang lain.

Unsur ini menjadi salah satu tugas dari seorang pemimpin. Adanya mengarahkan gerakan, perasaan, dan tingkah laku dari organisasi.

·       Adanya tujuan yang hendak dicapai.

Pada unsur ini organisasi yang memiliki tujuan yang dirumuskan secara sistematis. Tujuan ini juga menjadi arah daripada sebuah kepemimpinan.

·       Berlangsung berupa proses di dalam, baik kecil atau besar.

Kelima unsur kepemimpinan tersebut haruslah dimiliki sebuah organisasi. Saah satu saja dari lima unsur itu tidak dijalankan dengan baik dan lengkap, bisa dikatakan organisasi tersebut tidak sehat. Semakin baik kepemimpinan dan unsur-unsur yang di dalamnya tentu juga akan membawa pengaruh yang baik kepada orang-orang yang ada di dalamnya, terutama tujuan yang ingin dicapai.

Tags :

bonarsitumorang

  • Bonar Situmorang
  • Medan
  • Jakarta Selatan
  • bonarsos@gmail.com
  • +62853-7028-9213