Oktober 08, 2020

Perspektif Analisis Data Kualitatif Menggunakan NVIVO

Sebuah perspekti baru akan mempengaruhi cara kita mengolah data kualitatif. Ada banyak perubahan setiap ilmu pengetahuan, setiap jam bahkan setiap detik. Kemajuan teknologi sangat memudahkan kita untuk melakukan banyak pekerjaan dalam penelitan. Salah satu kemajuan teknologi dapat juga dilihat dari hadirnya perangkat lunak pengolah data kualitatif yaitu Nvivo.

Perlu untuk diketahui bahwa penggunaan Nvivo ini bukan berarti menghilangkan pengetahuan tentang data manual. Belajar menggunakan Nvivo ini akan mengefisienkan waktu dalam pengolahan data. Tapi tetap diingat bahwa ini hanyalah sebuah cara untuk mengolah data.

Manfaat mengolah data dengan menggunakan Nvivo:

  1. Mengatur data. Proyek data kualitaif bisa berbeda-beda bentuknya. Bisa dalam bentuk video, rekaman, catatan, foto, gambar, dan jenis lainnya. Nah, dengan menggunakan Nvivo ini, peneliti dapat mengatur dan menggunakan Nvivo yang sudah menyediakan berbagai macam fitur yang mendukung untuk itu.
  2. Mengelola ide. Dengan menggunakan Nvivo seorang peneliti bisa dengan mudah memanfaatkan idenya untuk langsung dibuat analisisnya dalam laporan. Peneliti juga tetap bisa mempertahankan originalitas data yang sumbernya berasal dari Nvivo.
  3. Query data. Ketersediaan data dalam Nvivo akan dengan mudah menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul saat ada pengolahan data yang berkelanjutan. Dengan menggunakan Nvivo ini data bisa tersimpan dan kapan pun bisa diakses kembali.
  4. Visualisasi data. Ide, gagasan, konsep, sampel, garis waktu, dan lain-lain bisa dijadikan bahan pengolahan data. Dengan memberikan wadah untuk menampilkan data dalam Nvivo, tentu bisa menambahkan kemudahan bagi si peneliti.
  5. Melaporkan data. Dengan menggunakan database kualitatid di Nvivo bisa menjaga originalitas, ide yang berkembang di dalamnya, dan proses untuk menghasilkan sebuah laporan.

Ada empat kekhawatiran jika hanya fokus kepada penggunaan Nvivo dalam mengolah data kualitatif:

  1. Kekhwatiran ketika menggunakan Nvivo seorang peneliti menjadi jauh dari data yang sudah didapatkan. Artinya adalah penggunaan Nvivo yang tidak dilandasi dengan pemahaman teori dalam pengolahan data, akan mempengaruhi beberapa kualitas data.
  2. Fokus kepada kode dan mengesampingkan proses analitik lainnya. Itu perlu menjadi perhatian dalam pengolahan data karena ketika peneliti fokus kepada kode data bisa menghilangkan kualitas data.
  3. Ketakukan akan data yang berubah menjadi data kuantitatif, komputerisasi data akan menghilangkan data manual kualititatif yang bisa dianlisis dengan manual juga. Jangan sampai menjadi sebuah keputusan analitik positivisme.
  4. Kesalahpamahan bahwa komputer hanya mendukung “grounded theory” dan membuat analisis sendiri.

Keempat kekhawatiran itu dapat diantisipasi dengan menggunakan kemapuan analisis manual data. Peneliti sebaiknya menghindari ke empat hal ini dengan mengedepankan kualitas dan original data yang sedang diolah. 

Buat kamu yang ingin belajar menggunakan Nvivo, bisa klik link ini https://www.youtube.com/watch?v=SM7Jr9t5ybk&t=34s

Semoga bermanfaat. Salam sehat.


 

Tags :

bonarsitumorang

  • Bonar Situmorang
  • Medan
  • Jakarta Selatan
  • bonarsos@gmail.com
  • +62853-7028-9213