-->

Desember 10, 2020

Portofolio

Tentang Saya

 

Perkenalkan saya Bonar Situmorang, lahir pada tanggal 28 Juli 2020. Saya lulusan sarjana dari Universitas Sumatera Utara, program studi Sosiologi. Saya memulaii perkuliahan pada tahun 2013 dan tamat pada 2017 dengan meraih predikat mahasiswa berprestasi dengan IPK 3,84. Setelah menamatkan perkuliahan saya bekerja sebagai peneliti sosial di Lab Sosio Universitas Sumatera Utara dan menjadi fasilitator pendidikan dari Gerakan Indonesia Mengajar, penempatan Kalimantan Selatan. Saya suka dengan pengalaman baru yang menantang, sehingga hal itu bisa saya explore di media sosial dan website yang saya miliki. Dampaknya semakin banyak orang yang tahu dan bisa ambil peran terhadap situasi yang saya explorer tadi.  

 

Work Experience

Saya bekerja selama dua tahun 2017-2018 di lembaga penelitian Lab Sosio. Di dalam lembaga ini saya banyak belajar dan menerapkan tentang penelitian dan menulis artikel ilmiah. Saya juga berkontribusi menjadi peneliti lapangan, pengolah data, menulis laporan penelitian, dan bertanggungjawab atas pekerjaan yang diberikan. Senang bisa bergabung di dalam lembaga ini, saya bisa belajar banyak tentang manajemen waktu, meningkatkan pengalaman menulis, dan aplikasi pengolah data.

Pada tahun 2019 – 2020 saya bergabung menjadi Pengajar Muda Gerakan Indonesia Mengajar. Satu tahun menjadi fasilitator pendidikan di daerah pelosok negeri, membuka wawasan saya tentang paradigma baru tentang pendekatan terhadap stakeholder masyarakat. Di lembaga ini saya belajar dan membuktikan diri dengan memiliki kompetensi pemimpin, seperti tenacity, analytical thinking, problem solver, dan adaptability. Selama menjadi fasilitator pendidikan, saat giat menulis pengalaman di penempatan baik di website yang saya miliki (www.bonarsitumorang.com), di dinstagram (bonarsitumorang_) dan facebook (situmorangbonar).

 

Website Saya

Saya ingin menyampaikan beberapa hal tentang website yang saya miliki. Website www.bonarsitumorang.com, merupakan wadah berbagi informasi melalui artikel tentang ilmu pengetahuan dan inspirasi bagi banyak orang. Saya sudah menulis artikel di website ini sebanyak 239 artikel. Secara keseluruhan website ini sudah dikunjungi 542.945 orang. Setiap hari saya berupaya untuk mengisi artikel di sini dan tetap menjaga pedoman penulisan artikel.

 

Publikasi Ilmiah

Saya juga berkesempatan beberapa kali menulis buku, jurnal ilmiah, dan opini di koran. Untuk tahun 2020 ini saya menerbitkan buku dengan judul “Menembus Batas Meniti Mimpi.” Buku ini merupakan kumpulan cerita selama satu tahun di Kalimantan Selatan bersama teman satu angkatan. Kemudian saya berkesempatan menulis buku  tentang “Pendidikan di Tengah Pandemi,” saat ini buku ini masih dalam proses pencetakan. Saya juga menulis artikel ilmiah di lembaga Balai Pelestarian Nilai Budaya Aceh – Sumatera Utara. Judul artikel ilmiah saya adalah “Eksistensi Dalihan Na Tolu pada Generasi Milenial Batak Toba” yang akan diterbitkan di Buletin Suwa.

Saya juga berkesempatan menulis jurnal “Hubungan Etos Kerja, Kohesi Sosial Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Petani di Desa Sionom Hudon Tonga” yang diterbitkan melalui Universitas Sumatera Utara pada tahun 2017. Jurnal kedua “Kearifan Lokal dalam Pengelolaan Kopi di Kabupaten Humbang Hasundutan” yang diterbitkan melalui  Universitas Gadjah Mada” pada tahun 2016.

Selain buku dan jurnal artikel ilmiah, saya juga menyumbang beberapa pemikiran tentang Bahaya Laten Gawai pada tahun 2017 dan judul “Keluarga Sebagai Agen Perubahan” tahun 2018 yang diterbitkan melalui koran  Analisa Daily Medan.

 

Skills and Competencies

Saya familiar dengan microsoft word, power point, dan excell. Saya juga cukup menguasai aplikasi pengolah data kuantitatif seperti SPSS dan pengolah data kualitatif (NVivo). Saya sudah sering menggunakan aplikasi ini dalam mengolah data hasil penelitian lapangan. Selain itu selama saya bekerja saya sudah membuktikan baik dalam bekerja dengan tim, memiliki adaptasi yang tinggi terhadap perubahan situasi kerja, selalu berusaha, memiliki komunikasi yang baik, dan mempunyai kompetensi coaching. Ini juga saya dapatkan ketika bekerja dengan multitasking sebagai fasilitator pendidikan di Kalimantan Selatan dan engagement stake holder pendidikan.

 

Tags :

bonarsitumorang

  • Bonar Situmorang
  • Medan
  • Jakarta Selatan
  • bonarsos@gmail.com
  • +62852-6969-9009