-->

Januari 13, 2021

Memulai Koding di Nvivo (Pengolah Data Kualitatif)

Penelitian kualitatif menghasilkan data yang beragam. Penelitian ini cocok dilakukan untuk mencari data yang diperlukan dengan pembahasan yang mendalam. Metode penelitian kualitatif dapat dilakukan dalam berbagai kondisi yang beragam. Jenis penelitian ini menghasilkan data yang beragam pula.

Nvivo sebagai salah satu aplikasi pengolah data kualitatif memerlukan pemahaman dasar mengenai koding. Nvivo juga mendukung kita untuk membaca data, merefleksikan, membuat kode, memberikan anotasi, menghasilkan visual data yang menarik, dan membantu untuk mengolah data agar lebih cepat.

Membuat Tujuan Awal untuk Data

Sebelum menggunakan aplikasi ini, seorang pengolah data terlebih dahulu membuat rencana pengolahan data. Ini merupakan gambaran umum agar ke depan ada panduan dan langkah yang dilakukan. Nvivo hanyalah aplikasi pembantu pengolah data, tetapi untuk menentukan tujuan data seperti apa menjadi kewajiban seorang peneliti.  Gambaran umum tersebut bisa ditentukan melalui beberapa hal berikut:

  1. Membuat perspektif yang bulat tentang data yang dimiliki. Seorang peneliti diharapkan mengenali data yang dimiliki terlebih dahulu. Dengan memiliki kedekatan dengan data penelitian, bisa dipastikan akan memudahkan langkah-langkah berikutnya.
  2. Berusaha untuk menentukan konsep penelitian di awal. Sebuah penelitian yang dilakukan tanpa konsep deskripsi yang jelas akan menyulitkan pengolah data dalam membuat koding data.
  3. Catatlah ide-ide yang terpikirkan dan bandingkan dengan beberapa referensi yang mendukung tentang ide tersebut.
  4. Buatlah kode untuk setiap identifikasi data. Pastikan dicatat dengan baik agar setelah memasukkan data ke dalam aplikasi ini seorang pengolah data bisa menemukan kemudahan.

Membangun Pengetahuan Data Melalui Pengkodean

Pengkodean adalah salah satu hal yang penting dilakukan sebelum menggunakan aplikasi ini. Pengkodean salah satu cara yang bisa dilakukan  untuk identifikasi data melalui anotasi, memo, dan pemodelan. Untuk memberikan pengkodean dibutuhkan waktu yang khusus. Codes (kode) representasi abstrak dari suatu objek atau fenomena atau identifikasi tema terhadap satu kata atau lebih. Catatan lapangan mentah ditemukan oleh peneliti mencerminkan realitas yang terjadi. Pengkodean dalam penelitian kualitatif dalam arti yang paling sederhana adalah cara menandai teks dengan kode.  

Bantu subcribe channel youtube saya ya di sini. Terima kasih.

 

 


Tags :

bonarsitumorang

  • Bonar Situmorang
  • Medan
  • Jakarta Selatan
  • bonarsos@gmail.com
  • +62852-6969-9009