-->

Januari 30, 2022

Enam Cara Cepat Membaca Buku dengan Efektif

Membaca buku adalah salah satu cara untuk menambah pengetahuan. Bukan hanya menambah pengetahuan, tetapi juga bisa memperkaya sudut pandang terhadap sesuatu. Membaca buku bukan hanya sekedar untuk status saja, kutu buku, suka buku, atau pengkoleksi buka. Tetapi juga bisa menjadi aktivitas sehari-hari yang dijadikan dalam mengembangkan diri.
  

Membaca buku bukanlah sesuatu yang mudah untuk dibiasakan. Terutama Ketika banyak orang yang masih menyukai konten video atau audio dalam menambah pengetahuan. Faktanya di Indonesia angka minat membaca masih cukup rendah. Untuk membiasakan membaca perlu dipupuk dari dini dan mulai dari sekarang. 

Pada tulisan ini akan dijelaskan bagaimana cara cepat membaca dengan efektif. Ada enam langkah yang bisa dilakukan: 

1. Read What You Love Until You Love to Read

Bacalah buku yang kamu sukai. Dengan membaca buku yang kamu sukai tentu bisa menambah motivasi dalam membaca. Jangan dipaksakan membaca buku tertentu walaupun sebenarnya tidak menyukainya. Hal ini sangat penting dilakukan untuk pemula, karena memang melakukan sesuatu yang tidak disukai hanya membuang-buang waktu saja. Kamu tentu ada menyukai buku dengan genre tertentu, nah saran saya cari informasi kesediaan buku yang kamu ingin baca, bisa dibeli dan bisa dipinjam dari orang-orang tertentu. Kecuali kamu punya tugas yang harus memintamu membaca buku jenis tertentu, nah ini tentu akan beda lagi perlakuannya. Untuk buku yang akan menambah referensimu kuliah atau bekerja, saya sarankan lanjut kepada poin ke dua dalam tulisan ini. 

2. Baca Table Content Lalu Skip

Dalam buku, baik itu buku yang memiliki halaman puluhan atau bahkan ratusan akan tetap ada poin yang layak kita baca di dalamnya. Untuk membaca buku yang bukan genre yang kita sukai, silahkan langsung baca table content, nah di situ akan jelas topik-topik yang bisa kita pilih untuk dibaca. Tips nomor dua ini akan membantu kami dalam menghemat waktu dalam membaca satu buah buku dengan jelas. Jika ada topik yang bukan topik menarik untuk dibaca, silahkan dilewati saja. 

3.Pengulangan Secara Verbal

Membaca buku tujuannya tentu untuk membuat kita paham apa saja isi yang ada di dalamnya. Tanpa memami isi buku yang kita bac aini hanya pekerjaan yang sia-sia dan membuang waktu untuk kita. Tetapi bukanlah mudah untuk membaca buku dan memahaminya, ada jenis-jenis buku tertentu yang sulit untuk dipahami. Terutama buku-buku ilmiah, hasil penelitian, dan lain sebagainya. Adapun cara untuk mempermudah kamu dalam menulis buku ini adalah dengan membaca dan melakukan pengulangan secara verbal. Kita bisa membaca dengan bersuara, hal ini akan mempermudah memori otak kita dalam merekam dan memahami buku yang kita baca. Pengulangan secara verbal ini tentu didukung dengan kondisi yang tenang, agar tidak terganggu dengan aktifitas luar yang sulit kita kontrol. Untuk itu pilihlah tempat yang memang membantu kita untuk mendapatkan suasana yang tenang dalam membaca.  

4. Pakai Telunjuka dalam Membaca

Membaca dengan menggunakan telunjutk bisa menambah kefokusan. Jika kita membaca hanya dengan bermodalkan mata saja, kemungkinan pada satu titik mata kita akan hilang fokus, sehingga bisa saja baris dalam tulisan tersebut terlewatkan. Untuk itu salah satu cara ini bisa menambah kefokusan dalam membaca. Namun, bukan hanya menggunakan telunjut, benda pendukung yang lain juga bisa digunakan, seperti pensil atau pun pulpen. 

5. Pengulangan Secara Tertulis

Kemampuan pikiran kita terbatas dalam mengingat hal-hal penting yang kita baca. Hal yang saya lakukan untuk menghindari lupa dalam poin-poin tertentu yang saya baca adalah dengan menulis kembali ke dalam buku catatan. Ini sangat mendukung menurut saya untuk memahami isi buku. Pengulangan secara tertulis ini di dalam catatan akan mudah kita buka kembali dan menyaring poin-poin penting dalam buku. 

6. Membaca untuk Mengetahui dan Belajar

Dewasa ini membaca buku banyak digunakan hanya untuk tujuan media sosial. Menurut ini tidaklah salah, asal jangan motivasinya untuk tujuan media sosial saja. Lupa untuk memahami bukunya. Membaca adalah kebutuhan, layaknya kita makan, kita minum untuk fisik. Nah, kalua membaca untuk menambah asupan pengetahuan dan pemikiran kita. Membaca aktifitas yang sangat menyenangkan apabila tujuannya adalah untuk menambah pengetahuan, bukan hanya tujuan konten semata. 
Demikian enam langkah yang bisa kita lakukan untuk membaca dengan efektif. Semoga bisa bermanfaat. Terima kasih sudah membaca dan jangan lupa membagikan. 

Tags :

bonarsitumorang