-->

Januari 31, 2022

Membangun Rekening Bank Emosi

          Suatu cara yang sangat praktis dan berguna untuk memhami dan menerapkan seluruh pengertian mengenai keproaktifan dan pendekatan pemusatan dari dalam ke luar ini pada lingkaran pengaruh adalah dengan menggunakan analogi dan metafora tentang Rekening Bank Emosi.

          Rekening Bank Emosi mewakili kualitas dari hubungan yang anda miliki dengan orang lain. Ini seperti rekening bank finansial di mana anda memasukkan “setoran,” dengan secara proaktif melakukan hal-hal yang membangun kepercayaan dalam hubungan tersebut atau anda dapat melakukan “penarikan,” dengan secara reaktif melakukan hal-hal yang mengurangi tingkat kepercayaan. Dan pada saat-saat tertentu saldo kepercayaan dalam rekening itu menentukan seberapa baiknya anda dapat membicarakan dan memecahkan masalah-masalah dengan orang lain.

          Jika anda mempunyai saldo yang tinggi pada Rekening Bank Emosi anda dengan seorang anggota keluarga, maka terdapat tingkat kepercayaan yang tinggi. Komunikasi terbuka dan bebas. Anda bahkan dapat melakukan kesalahan dalam hubungan tersebut, dan “cadangan emosi” akan menggantikannya.

          Tetapi jika saldo rekeningny rendah atau bahkan ditarik terlalu banyak, maka tidak terdapat kepercayaan dan dengan demikian tidak ada komunikasi yang otentik. Ibarat berjalan di padang ranjau. Anda selalu waspada. Anda harus memperhatikan setiap kata. Dan bahkan niat-niat baik anda sisalahpahami

Tags :

bonarsitumorang