-->

Agustus 30, 2022

Rumah Penuh Cerita dari Kalimantan Selatan

         Saat mengajar di Kalimantan Selatan, SDN Haratai 3. Di sekolah sebenarnya kami punya rumah dinas guru. Rumah ini sudah tidak layak huni lagi. Bangunannya sudah cukup tua dan sebagian sudah rusak. Dindingnya berlubang dan sebagian lantai papannya sudah busuk karena sering basah. Kalau hujan, sebagian atapnya selalu bocor.

Kegiatan belajar malam  hari 

          Karena sudah tidak layak huni lagi, kami pun memanfaatkan rumah tersebut untuk tempat belajar, anak-anak yang ada di desa. Kami sering menyebut rumah ini sebagai perpustakaan di desa. Walau pada saat itu faktanya sekolah kami belum memiliki perpustakaan. Saat masih di sini, telah kami ajukan proposal ke dinas pendidikan terkait untuk pengadaan bangunan perpustakaan sekolah.

          Di rumah ini, terdapat satu lemari yang berisi berbagai macam buku untuk anak-anak. Mulai dari buku panduan untuk anak kelas rendah, sains, ilmu pengetahuan sosial, kumpulan latihan soal, bahkan buku-buku komik.

          Kami sering berkumpul di sini bersama anak-anak, bisa malam hari atau pun sore hari. Walaupun satu hari penuh aktivitas, biasanya kami penuh semangat ketika ke rumah ini. Bahagia dan penuh canda bersama anak-anak. Di sinilah salah satu tempat belajar kami.

          Belajar matematika, belajar Bahasa Inggris, belajar membaca, menulis, dan menghitung. Selain itu, kami juga sering memanfaatkan waktu untuk menggambar, bernyanyi, dan bercerita untuk mengisi malam di desa. Banyak lagu-lagu yang sering kami nyanyikan, dengan ukulele yang kumiliki. Namun, sebuah lagu yang berkesan adalah twinkle-twinkle little star. Kami pernah juga menonton di sini, walau listrik hanya hidup pada malam hari. Kami pun memanfaatkan hal tersebut untuk menonton.

          Begitulah kami menikmati hari. Di tengah pedesaan yang sepi dan berada di pegunungan Meratus, kami selalu menyempat diri untuk mengisi waktu yang bermanfaat.

Pertanyaan, apakah pernah merasa lelah? Pasti, namun ketika bertemu dengan anak-anak semangat dan motivasi selalu bisa hadir kapan saja dan di mana saja. Sederhana, tapi akan selalu dikenang.

Tags :

bonarsitumorang