-->

November 06, 2022

Robert Iger: Perjalanan 15 Tahun Memimpin "Disney Company"

Robert Iger tidak dianggap sebagai siapa-siapa dulu dalam waktu kerja, dia bekerja di salah satu studio kecil dan tugasnya adalah sebagai pengangkat kabel. Akhirnya dia belajar dari lingkungan pekerjaan, tentunya dengan unsur kesempatan, perusahaan di mana tempat dia bekerja. Kemudian perusahaannya ini melakukan merger dengan perusahaan lainnya, yang sekarang kita sebut namanya Disney. 



Dalam buku ini diceritakan bagaimana dia bisa berkembang di posisi yang rendah sekali dan menjadi tinggi, hal ini dikarenakan dia sangat berdedikasi dan bekerja keras. Dia bekerja tidak sedikit, dari pagi sampai malam hari. Tak pernah mengenal lelah. 

Cerita menarik dari hidupnya adalah bagaimana dia bisa melakukan desentralisasi pengambilan keputusan. Jadi setelah Disney menjadi besar, dia memberikan kepercayaan penuh ke pimpinan anak-anak perusahaan Disney. Dia hanya terlibat dalam strategi dan konsultasi dengan pimpinan anak perusahaan. Salah satu yang membuahkan kesuksesan dan salah satu atribut yang bikin dia sukses itu juga mungkin personalitinya. Cukup rendah hati, sehingga dia menempatkan simpati dan empati yang luar biasa dengan rekan kerja, bukan hanya mitra bisnisnya saja melainkan pimpinan perusahaan yang dia akuisisi.


Berdasarkan pengalaman sebagai pemimpin, Robert Iger menyampaikan bahwa ada 10 poin menjadi pemimpin sejati:

1. Optimism

Salah satu dari seorang pemimpin yang baik adalah menjadi seorang yang optimis terhadap apa yang bisa dicapai. Bahkan dalam situasi sulit sekalipun dan kondisi yang tidak normal, seorang pemimpin mesti bisa menjadi optimis, bukan pesimis.  Sederhananya, orang akan tidak termotivasi dengan pemimpin yang pesimis.

2. Courage

Dalam kepemimpinan hal yang perlu juga adalah keberanian. Pengambilan keputusan dalam resiko besar sekalipun, seorang pemimpin tidak akan ragu dengan situasi tersebut. Untuk menciptakan peluang baru, perlu membuat keputusan. Kreatifitas hanya muncul ketika kita mengambil keputusan.

3. Focus

Perlu mengalokasikan waktu, energi, sumberdaya, dan strategi untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Perlu membuat prioritas dalam mengerjakan sesuatu, sampai hasil yang terbaik bisa ditemukan.

4. Decisiveness

Tidak peduli seberapa besar masalah yang dihadapi dan perbedaan fakta yang ada. Seorang pemimpin harus bisa tegas terhadap sebuah kondisi. Kesulitan dalam memutuskan sesuatu, akan menyebabkan keragu-raguan, kontraproduktif, dan korosif moral terhadap orang yang dipimpin. 

5. Curiosity

Keingintahuan mendalam tentang hal-hal baru sangat penting bagi pemimpin. Keingintahuan terhadap tempat, orang, dan segala dinamika perubahan. Katanya “The path to innovation begins with curiosity.”

6. Fairness

Seorang pemimpin harus adil terhadap siapapun juga. Empati sangatlah penting, namun tidak semua dalam segala hal diberikan empati. People committing honest mistakes deserve second chances, orang yang melakukan kesalahan akan mendapatkan kesempatan yang kedua. Ketakutan dan kecemasan, akan menghambat jalur komunikasi dan inovasi. 

7. Thoughtfulness

Perhatian adalah salah satu elemen yang sering diremehkan dalam kepemimpinan. Ketika memberikan perhatian, ini akan bisa menjadi salah satu wadah untuk mencari informasi dan menemukan hal yang baru. Its simply about taking the time to develop informed opinions.

8. Authenticity

Be genuine. Be honest. Dont fake anything. Truth and authenticity breed respect and trust.

9. The Relentless Pursuit of Perfection

Ini bukan berarti sempurna dalam segala hal, tetapi menolak untuk mendapatkan hasil yang biasa saja serta membuat alasan untuk hasil sesuatu yang tidak tercapai. If you believe that something can be made better, put in the effort to do it.

10. Integrity

Keberhasilan seorang pemimpin tergantung menetapkan standar etika yang tinggi untuk semua hal. Another way of saying this is: The way you do anything is the way you do everything.

Kesepuluh kepemimpinan di atas merupakan pengalaman 15 tahun Robert Iger memimpin perusahaan Disney, hingga sampai sekarang perusahaan ini menjadi sangat besar. Suksesnya Disney ini, tidak lepas dari penerapan kepemimpinan dalam perusahaan. Layak untuk dicoba.  

Tags :

bonarsitumorang