-->

April 11, 2023

5 APLIKASI PENGOLAH DATA GRATIS

Kehadiran teknologi memberikan banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Bisa digunakan dalam bidang pendidikan, ekonomi, politik, sosial, dan lainnya. Terkhusus di bidang pendidikan, misalnya dalam penelitian. Saat ini peneliti, mahasiswa, bahkan organisasi sudah bisa mengolah data dengan software atau aplikasi yang tersedia saat ini. Kehadiran aplikasi pengolah data ini tentunya sangat membantu untuk mengerjakan penelitian dan tugas dengan efektif dan efisien.

Aplikasi pengolah data ada yang berbayar dan gratis. Kali ini aku akan bagikan 5 Aplikasi Pengolah Data gratis dan powerfull untuk olah data:

1. JASP (Jeffreys’s Amazing Statistics Program)

JASP


      JASP, singkatan dari Jeffreys’s Amazing Statistics Program, merupakan software analisis statistik gratis (open-source) yang dibuat oleh Department of Psychological Methods, University of Amsterdam, Belanda. Penamaan software ini untuk menghormati perintis analisis Bayesian, yaitu Sir Harold Jeffreys. Secara gratis dapat diunduh melalui JASP , lalu memasang pada komputer kalian yang bersistem operasi Windows, MacOS, maupun Linux.  JASP sendiri dapat menggantikan program komputer untuk analisis statistik (dan juga psikometri) berbayar yang biasa kita gunakan, seperti SPSS.

Fitur uji data statistik yang ada di dalam aplikasi JASP adalah:

  • Deskriptif
  • T-Test
  • Anova
  • Mix-Model
  • Regresi
  • Frekuensi
  • Faktor
  • Sampel
  • Audit
  • Bain
  • BSTS
  • Circular Statistik
  • Summary statistic, dll.

2. R-Studio


R-Studio merupakan sebuah program yang sudah populer dan dapat disebut powerful software. R Studio berkembang menjadi bahasa pemrograman untuk aplikasi web interaktif sekalipun. 

Istilah open source yakni kode dasar pada sebuah software yang bisa dirubah atau dimodifikasi, lalu digunakan kembali. Selain di ubah, software open-source juga bisa dengan legal dibagikan. Atau secara detail, OSS (open-source software) yakni bisa kita periksa, dimodifikasi, ditambahkan, dan dibagikan oleh siapapun. Gratis dan legal, tentu saja menjadi kekuatan tersendiri bagi R Studio ini. Jika ingin lebih tahu tentang aplikasi ini, bisa dilihat di R Studio.

3.    3. Tableau

Tableau adalah salah satu tools wajib bagi seseorang yang banyak bekerja dengan data. Pada dasarnya, data dalam jumlah banyak akan sulit dimengerti oleh orang awam.Tableau memiliki banyak fitur dan fungsi yang bisa kamu manfaatkan. Software ini bisa kamu dapatkan secara gratis, yaitu khusus tableu public, dapat diakses pada tableu public.

5.     4. Google spreadsheets

Siapa yang tidak kenal dengan Google. Ada begitu banyak fitur dalam Google yang sudah kita gunakan. Misalnya Gmail, GMeet, GDrive, Kalender, Terjemahan, dll. Salah satu fitur Google yang bisa kita gunakan secara gratis untuk mengolah data adalah Google spreadsheets. Fitur ini bisa diakses kapan saja dan di mana saja, selagi terhubung dengan internet.

5. PSPP-GNU


GNU ini adalah sebuah organisasi yang menyediakan pelayanan untuk olah data statistika. Proyek GNU ini diluncrukan pada tahun 1983 oleh Richard Stallman. Sitstem operasi PSPP-GNU ini dapat kalian lihat di sini.

Demikian 5 software gratis yang bisa kalian gunakan untuk olah data penelitian. Dalam software tersebut ada berbagai macam fitur yang bisa kalian manfaatkan untuk olah data penelitian. 

Jika ingin lebih kenal dengan aplikasi pengolah data penelitian, kalian bisa dapatkan belajar gratis di Youtube Channelku Bonar Situmorang.

Tags :

bonarsitumorang