Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Kamis, Februari 21, 2019

5 Cara Koding Data Video dalam NVivo


Sahabat peneliti, kali ini saya ingin berbagi tulisan cara coding data dalam Nvivo. Tulisan sebelumnya saya sudah memberikan penjelasan cara koding data dokumen dan data gambar dalam Nvivo. Selain kedua bentuk data tersebut data berbentuk video juga dapat kita koding. Perlu diingat, koding data video adalah melakukan transkip terhadap video yang sudah kita import ke dalam Nvivo. Caranya adalah:


1. Pastikan bahwa video sudah di-import ke dalam Nvivo. Jangan lupa bahwa import data video ke Nvivo haruslah sesuai dengan type video yang diinginkan. Jika sudah import data video maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini:


Jendela ini akan menampilan name (nama video yang diimport), nodes (total kode yang sudah dilakukan), references (sumber data), created on (keterangan waktu import video), modified by (inisial yang melakukan import data). Nodes dan references masih kosong karena kita belum melakukan koding. 

2. Setelah video ada di dalam detail view, pilihlah click to edit untuk memulai pengkodean data. Maka akan tampil layar kerja NVivo seperti di bawah ini:



Sebelum melakukan koding, perlu untuk mengetahui fungsi media (media tools) dalam Nvivo.


Media tools ini berisi: stop (untuk menghentikan video yang putar), play/pause (untuk memulai pemutaran video), kemudian ada pengaturan volume suara, mengatur kecepatan video, dan start selection (memulai transkip nilai/keterangan video). Setelah memahami tools tersebut, maka “click to edit”. Maka akan muncul gambar di bawah ini:


Dalam detail view paling kanan ada dua kolom yang sudah terisi yaitu timespan (waktu transkip) dan content (keterangan transkip).

3. Setelahnya kliklah play pada media tools, memberikan transkip pada video yang terputar dengan cara memilih start selection. Kemudian kliklah dikolom content tentang apa isi video. Misalnya pada gambar di bawah ini. 

4. Setelah melakukan trankip isi video, maka blok kalimat yang ingin diberikan koding. Kemudian silahkan klik kanan pada transkip yang code selction. Seperti di bawah ini.



5. Kemudian pilih dan klik code selection at new node, maka  isilah kode yang ingin kita buat dan silahkan isi kode yang mewakili esensi dari pernyataan content video. 
Demikian cara koding data video dalam NVivo. Jangan lupa berbagi teman - teman. Semoga bisa membantu.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot