-->

Juni 23, 2023

JENIS DAN CARA UJI NORMALITAS

Uji normalitas termasuk ke dalam analisis asumsi statistik parametrik. Uji statistik parametrik adalah suatu pengujian yang modelnya menerapkan adanya asumsi (syarat-syarat tertentu) dengan parameter populasi yang merupakan sumber sampel penelitiannya. Salah satu uji nonparametrik adalah uji normalitas. Pengujian ini digunakan untuk menentukan apakah suatu set data sudah sesuai dimodelkan oleh distribusi normal atau tidak? Atau untuk menghitung seberapa besa kemungkinan variabel acak sudah terdistribusi secara normal.

Uji normalitas yang lebih lengkap dan kompleks sering juga disebut dengan uji kesesuaian model (goodness of fit) yang dimaksudkan untuk menguji apakah model yang diusulkan memiliki kesesuaian dengan data atau tidak. Suatu model dikatakan sesuai apabila matriks korelasi sampel tidak jauh berbeda dengan matriks korelasi estimasi.

Berikut beberapa jenis uji normalitas dan link tutorial cara uji normalitas:

  1. Uji normalitas Chi Kuadrat
  2. Uji normalitas Liliefors
  3. Uji normalitas Kolmogorov Smirnov (Uji Normalitas Kolmogorov Smirnov Menggunakan SPSS) dan (Uji Normalitas Kolmogorov Smirnov Menggunakan STATA)

  4. Uji Normalitas Saphiro Wilk (Uji Normalitas Saphiro Wilk Menggunakan SPSS) dan (Uji Normalitas Saphiro Wilk Menggunakan STATA


Sumber:

Buku: Edi Riadi, Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBMS Statistika).

 


Tags :

bonarsitumorang