Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Selasa, Februari 26, 2019

Fungsi Menu Graph, Menu Utilities, Menu Add-Ons, Menu Window dan Menu Help dalam SPSS25


S
PSS merupakan salah satu software digunakan untuk analisis data kuantitatif. Tentu jika ingin menggunakan  aplikasi ini haruslah dibarengi dengan kemampuan memahami setiap tools yang ada di dalamnya. Tulisan ini akan memberikan penjelasan apa saja fungsi yang ada di dalam Menu Graph, Utilities, Menu Add-Ons, Menu Window, dan Menu Help.

Menu Graphs



Tampilan Menu Graphs dalam SPSS 25 dapat dilihat pada gambar di bawah ini. Kebutuhan secara sederhana untuk graphs adalah untuk menampilkan info dalam bentuk grafik dari analisis data deskriptif yang sudah dilakukan. Menu Graphs ini menghasilkan grafik yang beresolusi tinggi dengan statistik dan komputasi dalam data yang sedang aktif. Dalam SPSS ini, bentuk – bentuk daripada grafik tersebut adalah bar, 3 – D Bar, line, area, high – low, boxplot, error bar, population piramyd, scaatter/dot, dan histogram. Selain itu kita juga dapat mengatur grafik chart builder dan juga dan template daripada tampilan grafik. Perlu juga untuk diketahui bahwa grafik dalam SPSS tidak dapat diubah warnanya. Hal ini sekaligus menjadi kelemahan SPSS dalam pemilihan gaya tampilan untuk grafik. Jika teman – teman mau menampilkan grafik deskriptif yang lebih menarik dapat menggunakan aplikasi lainnya, misalnya microsoft excell.
Tampilan Menu Graph
Menu Utilities 

Selain daripada menu graphs dalam SPSS ada juga menu yang tidak kalah penting untuk dipahami. Dalam bahasa Indonesia Utilities adalah Utilitas (manfaat, kegunaan, peran). Menu ini merupakan berisi daftar variabel yang sedang aktif dan memungkinkan untuk mengatur data secara bersama – sama. Akhirnya menu ini bisa memberikan kesempatan untuk mengubah script atau mengubah menu menggunakan editor menu. Dalam menu utilities ini terdapat beberapa tools yang harus dipahami, yaitu variabel, OMS control panel, OMS identifiers, scoring wizard, merge model MXL, detil variabel mikro dan calculate with Pivot Tabel, devine variabel coment and sets, use variable sets, create text output, spelling, process data file, run script, and production facility.

Tampilan Menu Utilities

Menu Add-Ons

Modul Add-Ons tidak disertakan dengan core system. Prosedur ini tersedia jika kita memiliki lisensi yang sah daripada software yang dimiliki.

Menu Window

Menu Window dalam SPSS dapat diartikan bahwa jendela default ketika sedang menjalan program. Data worksheet bekerja seperti spreadseheet, di mana kolom mewakili dan berturut- turut merupakan kasus observasi.

Menu Help

Menu Help dalam SPSS dapat digunakan sebagai salah satu tools untuk memahami SPSS itu sendiri ditambah dengan tutorial dan bahan referensi. Menu daripada help ini adalah topics, SPSSt suport, SPSS forum,  tutorial, case studies, statistic coach, command syntax reference, dan statistical algorithms.

Tampilan Menu Help

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot