Februari 11, 2019

10 Cara Import Data dalam Nvivo


Sahabat peneliti dalam tulisan saya ini akan memberikan penjelasan bagaimana cara kita untuk melakukan import data ke dalam Nvivo. Ketika seorang peneliti sudah memiliki data maka hal yang perlu diperhatikan adalah cara mengimport data ke dalam aplikasi pengolah data. Adapun hal yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan data, baik dalam bentuk dokumen, video, audio, ataupun dalam bentuk gambar.

Keempat data ini dapat diimport ke dalam Nvivo. Kebetulan Nvivo yang saya miliki adalah Nvivo versi 10. Mungkin sahabat peneliti semua sudah memiliki Nvivo 11 ataupun masih Nvivo di bawah 10, namun caranya tidak terlalu jauh berbeda, yang penting adalah pemahan kita sendiri terhadap aplikasi tersebut. Baikah, langkah harus kita lakukan adalah:


1. Klik New Project dalam tampilan awal daripada Nvivo. Tentu proyek baru ini merupakan perencanaan yang kita lakukan dalam Nvivonya. Jangan lupa bahwa New Project merupakan cara untuk awal memulai sebuah proyek.


2. Setelah mengklik New Project maka kita akan diminta untuk mengisi title (judul) daripada proyek kita sendiri. Setelah mengisi title, jika mau kita juga boleh mengisi description atau penjelasan singkat dari proyek kita. Kita contohkan saja, title dari proyek kita adalah Penelitian Kohesi Sosial. Jangan lupa untuk memilih lokasi penyimpanan proyek yang kita sedang lakukan, dengan memilih dan klik browse. Dapat dilihat dalam gambar di bawah ini.


3. Setelah mengisi kolom tersebut maka kita mengklik Ok. Setelahnya kita langsung berhadapan dengan jendela kerja Nvivo, seperti di bawah ini. Dalam jendela Nvivo di bawah ini, seorang peneliti perlu untuk memahami kegunaan daripada navigation view yang berisi source, nodes, classifications, collections, queries, reports, models, folders. Untuk bisa memahaminya, tentu sahabat peneliti perlu untuk membaca referensi yang berhubungan. 


4. Setelah tampilan muncul, maka cara yang dilakukan untuk import data adalah terlebih dahulu memastikan posisi daripada navigations view-nya berada pada sources.     


5. Setelah mengklik sources, maka dalam navigations view-nya paling atas akan muncul sumber data internals, eksternals, memos, framework matrices. Nah, yang paling umum digunakan adalah sumber data internal yang artinya data yang sumbernya berasal dari komputer yang teman – teman miliki. Sedangkan eksternal adalah data yang berasal dari sumber internet. Tampilannya dapat dilihat dalam gambar di bawah ini.  


6. Letakkan dan klik navigations view ke dalam internals. Setalelah meletakkan, maka kita perlu melakukan judul ataupun identifikasi data yang nantinya dapat mempermudah pengenalan data. Misalnya saja dalam hal ini kita buat judul internal datanya adalah wawancara Cara membuat judul ini adalah klik kanan pada internal data kemudian klik new folder. Setelah klik new folder maka kita diminta untuk mengisi nama folder atau dan deskripsinya.  Setelah mengklik new folder maka tampilannya adalah seperti di bawah ini, sesuai rencana kita mengisinya dengan nama wawancara dan deskripsinya adalah wawancara dengan kepala adat, contoh. 




7. Setelah mengisi data tersebut maka kita lakukan adalah import data ke dalam folder yang bernama wawancara. Setelah memastikan posisi navigations view berada pada folder wawancara. Dapat dilihat dalam gambar di bawah. 


8. Setelah mengklik kanan maka pilih import data, baik dalam bentuk dokumen, video, audio, ataupun gambar. Setelahnya kita akan disuruh untuk memilih lokasi penyimpanan data yang ingin diimport ke dalam Nvivo. Tampilannya dapat dilihat dalam gambar di bawah. 


9. Setelah memilih lokasi penyimpanan maka kita akan diberikan tampilan. Kita mengisi name dan deskripsi. Kemudian kita diberikan keterangan size data, tanggal dibuat, dan inisial akun  siapa yang mengerjakan data dokumen tersebut. 

10. Terakhir tampilan daripada detail view adalah yang mimiliki kolom nama, sources, referensi, siapa yang mengerjakan dan keterangan lainnya.




Sepuluh cara ini cukup mewakili teknik untuk melakukan import data dalam Nvivo. Baik data dokumen, audio, video, dan juga gambar. Jangan lupa untuk mengulanginya jika belum paham. Selamat mencoba. Untuk videonya dapat dilihat dalam akun youtube saya https://www.youtube.com/watch?v=SM7Jr9t5ybk&t=2s

Tags :

bonarsitumorang

  • Bonar Situmorang
  • Medan
  • Jakarta Selatan
  • bonarsos@gmail.com
  • +62853-7028-9213