-->

Mei 25, 2023

FORMAT LAPORAN PENELITIAN KUALITATIF

Salah satu bentuk isi laporan penulisan laporan ilmiah kualitatif, misalnya, telah dicontohkan oleh Body dan Westfall sebagai berikut:


  1. Halaman Judul: Halaman ini menunjukkan subjek, waktu, untuk siapa laporan ilmiah tersebut disampaikan dan siapa pembuat laporan.
  2. Daftar Isi: Daftar isi diperlukan untuk menjelaskan berbagai bagian dari suatu laporan ilmiah yang Panjang. Selain daftar isi juga daftar grafik dan daftar tabel.
  3. Kata Pengantar: Pada bagian ini dicantumkkan latar belakang masalah, penting dan luasnya masalah.
  4. Perumusan Masalah: Disebutkan dalam bagian ini keseluruhan dan luas masalah yang dicakup dalam penulisan ilmiah dan perlu juga dikemukakan persoalan secara menyeluruh yang ada hubungan dengan permasalahan yang lebih luas.
  5. Metodologi
  6. Batasan-batasan: Dicatat dalam bagian ini mengenai Batasan waktu, biaya, keadaan populasi, jumlah sampel, responden, dan sebagainya.
  7. Hasil-hasil: Hasil yang dicapai dalam pelaksanaan berpikir ilmiah hendaklah ditulis pada bagian ini dalam bentuk grafik, tabel, dan sebagainya.
  8. Kesimpulan dan Rekomendasi: Kesimpulan berpikir ilmiah ditulis di sini serta rekomendasi dibuat dengan benar-benar menguasai masalah yang dihadapi sebelumnya dimaksukkan ke dalam bagian ini.
  9. Apendiks: Digunakan untuk menempatkan bahan-bahan laporan yang kurang tepat kalau dimasukkan pada bagian laporan lainnya seperti tabel-tabel yang terlalu terperinci. Daftar Pertanyaan, dan sebagainya.

Aziz dan Sadewo (dalam Bungin, 2005:197) mengatakan, sesungguhnya ada banyak versi tentang  struktur penulisan laporan penelitian kualitatif. Secara uum struktur penulisan laporan penelitian kualitatif adalah:

Judul

Abstrak

Kata Pengantar

Daftar Isi

Daftar Gambar

BAB I PENDAHULUAN

  1. Konteks Penelitian
  2. Fokus Kajian
  3. Tujuan Penelitian
  4. Ruang Lingkup Penelitian

BAB II PERSPEKTIF TEORITIS DAN KAJIAN PUSTAKA

BAB III METODE PENELITIAN

  1. Pendekatan
  2. Unit Analisis
  3. Pengumpulan dan Analisis Data
  4. Keabsahan Data

BAB IV GAMBARAN SETTING PENELITIAN

BAB V TEMUAN-TEMUAN PENELITIAN

BAB VI PEMBAHASAN PENELITIAN TEMUAN-TEMUAN PENELITIAN

BAB VII KESIMPULAN DAN IMPLIKASINYA

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

 

Sumber: Burhan Bungin, Penelitian Kualitatif

Ingin belajar metode penelitian dan analisis data, kunjungan channelku Bonar Situmorang

 

 

 


Tags :

bonarsitumorang