26 Agu 2018

Fungsi General (ized) Linear Model dalam SPSS


G
eneral liner model salah satu sub menu analyze data. General linerar model (GML) memiliki fungsi untuk membandingkan tiga ataupun lebih sampel penelitian berbentuk analisis varian dua arah (two – way anova). Dalam sub menu ini ada beberapa tool yang dapat digunakan untuk analisi data, antara lain:
Tampilan General Linear Model 
v  Univariat berfungsi untuk menganalisis model nilai skala variabel terikat berdasarkan pada hubungan variabel prediktor berskala kategorikal. Adapun jenis skla kategorikal adalah variabel nominal dan variabel ordinal.

v  Multivariat merupakan suatu alat analisis dalam SPSS untuk menganalisis model nilai skala beberapa variabel terikat berdasarkan pada hubungan variabel prediktor berskala kategorikal (variabel nominal dan variabel ordinal)

v  Yang terakhir dalam sub menu ini adalah repeated measure yang berfungsi sebagai alat analisis untuk melihat perbedaan ketika pengukuran yang sama dibuat beberapa kali pada pada masing – masing kasus (variabel penelitian).

Nah selain itu kita juga akan mendapatkan bentuk analisis yang hampir sama dengan general linear model yaitu generalized linear models. Generalized linear models adalah salah satu prosedur analis hasil pengembangan yang ada pada general linear model sehingga variabel terikat dapat dihubungkan secara linear terhadap faktor – faktor dan kovarian yang dapat dilakukan dengan melalui fungsi keterkaitan masing – masing variabel yang lebih spesifik. Selain itu, prosedur ini juga dapat digunakan variabel terikat terhadap variabel yang tidak berdistribusi normal. Adapun tool yang terdapa pada generralized linear model adalah:

v  Generalized estimating equations salah satu prosedur hasil pengembangan generalized linear models yang memungkinkan untuk melihat hasil analisis pengukurn yang sama dibuat beberapa kali pada masing – masing kasus ataupun dengan hasil yang dapat dilihat dengan hasil observasi korelasi lain seperti data yang sudah dikluster oleh peneliti.


v  Mixed models adalah model dari general linear model sehingga terminologi errordan efek random diizinkan untuk dapat melihat variasi – variasi penelitian. Oleh karena itu prosedur yang dapat digunakan adalah prosedur menyediakan fleksibilitas model dan tida hanya rata – rata suatu variabel respons.

Tags :

bm

bonarsitumorang

Pengajar Muda

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Bonar Situmorang
  • ????????????
  • Kec.Cilandak,Kota Jakarta Selatan
  • bonarsos@gmail.com
  • +62853-7028-9213