Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Senin, September 24, 2018

10 TIPS MENGHADAPI SKRIPSI: SOSIOLOGI





Sebelum menjadi sarjana seorang mahasiswa wajib hukumnya untuk menyelesaikan skripsi. Tanpa skripsi seseorang tidak akan mendapatkan gelar sarjana, yang merupakan salah satu menjadi syarat mendapatkan gelar tersebut adalah mengerjakan skripsi. Semua sarjana pasti sudah mempunyai kenangan bagaimana menghadapi skripsi dari titik terendah sampai selesai. Ada yang bilang sangat sulit, ada yang bilang melelahkan, ada yang bilang benci, dan mungkin tergantung pandangan masing – masing. Tentu hal itu ada benar dan tidak benar, namun itu akan terjadi jika pun kamu pada saat ini masih duduk di semester awal dan menghadapi mata kuliah yang penuh tugas. Skripsi akan lebih sulit daripada tugas mata kuliah. Untuk menjadi peneliti skripsi yang tangguh, saya akan memberikan tips menghadapi skripsi bagi anak – anak sosial.
Kali ini saya akan memberikan bagaimana memulai skripsi, mengerjakan, dan menyelesaikan skripsi terutama bagi mahasiswa sosiologi. Berdasarkan pengalaman – pengalaman yang sudah penulis rasakan. Tips – tips itu adalah:

  1. Memulai Memikirkan
Berpikir adalah salah satu awal seseorang untuk bertindak. Berbuat tanpa berpikir tentu tidak akan mendapatkan hasil yang baik. Jika hari ini kamu masih berada pada semester yang belia, berpikirlah untuk mengawali. Karena jika skripsi tidak dipikirkan, hari – harimu akan lewat dan tidak akan terasa semester mudamu akan segera mungkin menjadi semester tua. Perlu bagi seseorang untuk memikirkan skripsi dari hal yang sederhana menuju kefokusan pengerjaannya nantinya. Bila tidak dipikirkan maka akan sulit mengerjakannya. Akan ada orang – orang di sekitar kampusmu yang amat tua dibandingkan kamu, itu karena mereka terlambat berpikir untuk memulai dari yang terkecil tentang skripsi.

  1. Judul Harus Cermin Dirimu
Penting untuk memilih judul sebagai cerminan dari dirimu. Mengapa? Karena judul adalah  fondasi dalam mengerjakan skripsi ke depan.  Jangan menganggap dirimu hebat untuk mengerjakan judul skripsi yang belum pernah kamu lihat, rasakan, dan kamu alami. Jangan juga merasa tidak mampu untuk mengerjakan judul yang sudah berulang kali diteliti oleh orang lain. Karena judul haruslah menjadi cerminan dari diri kita. Misalnya, agar kamu nanti dapat menikmatinya, pilihlah judul yang sesuai dengan selera, tingkat kemampuanmu terhadap topik itu, pengalamanmu dalam penelitian terdahulu, keterjangkauan akan waktu dan biaya. Refleksikan judul dengan tingkat kemampuanmu sendiri, ke depan kamu juga akan mempertahankan keabsahan hasil penelitianmu. Jika bisa pilihlah judul dari pengalamanmu yang sudah pernah kamu teliti dan sesuai dengan minatmu.
  1. Cobalah Ajukan Judul Lebih Awal
Bagi mahasiswa judul adalah momok yang sangat menakutkan. Di mana judullah nanti yang akan mengatur proses pengerjaan skripsi. Untuk mendapatkan judul yang terbaik beranilah untuk memulainya lebih awal dan mengajukannya. Dengan banyak membaca, ke perpustakaan, tingkat analisis sosial yang tinggi, judul akan terasa mudah bagi mereka. Karena dari kepekaan sosiallah, maka judul skripsi bidang sosiologi bisa lebih cepat. Berdiskusilah dengan teman sekampus dan seniormu untuk mendapatkan beberapa judul yang akan diajukan ke dosenmu. Jika sudah berdiskusi, jangan tunggu – tunggu waktu yang tepat untuk mengajukannya. Untuk mendapatkan judul tidak perlu hoki, hanya perlu penjelasan judul itu terhadap dosen. Jika dosenmu melihat judul yang kamu miliki bagus dan dapat kamu jelaskan dengan maksimal, maka dia akan segera menyetujui  judul yang kamu ajukan. Ingat, jangan tunggu hari, jika bisa sekarang susunlah judulmu dan ajukan sesegera mungkin.

  1. Pilihlah Rumusan Masalah
Penelitian Sosiologi akan dihadapkan dengan rumusan masalah yang akan kamu bahas dan selesaikan berdasarkan rumusan tersebut. Biasanya seorang peneliti sosial menyesuaikan dengan latar belakang masalah, dalam skripsi Sosiologi bukan berarti lebih banyak rumusan akan lebih baik. Jadi pilihlah rumusan masalah sesuai dengan apa yang akan kamu teliti. Selain itu penting untuk membuat tujuan dan manfaat penelitian yang akan dijadikan sebagai pentingnya kamu mengerjakan skripsi itu.



  1. Pilihlah Teori
Dalam ilmu sosial selalu dihadapkan dengan teori. Begitu banyak teori yang akan kamu dapati dalam buku ilmu sosial. Seseorang calon sarjana akan kewalahan mendapatkan satu judul jika dihubungkan dengan teori dan metode penelitian. Pentingnya sebuah teori dalam skripsi ilmu sosial adalah sebagai penyambung analisis nantinya dalam hasil penelitian. Selain itu teori harus mencermikan latarbelakang, metode yang searah. Jika ingin mencari teori dengan metode yang cocok dalam penelitianmu. Carilah dalam Buku Teori dan Paradigma Ilmu Sosial.

  1. Pilihlah Metode Penelitian
Metode penelitian selalu dianggap sebagai alat sekaligus sebagai indikator akademik untuk mengerjakan proses penelitian. Dalam ilmu sosial ada dua metode yang dapat dipilih yaitu metode penelitian kuantitatif dan metode kualitatif. Hukumnya selalu berada pada judul, jika judulmu mencerminkan hasil penelitian yang menginginkan sebuah uji dan hasil hubungan maka pilihlah metode penelitian kuantitatif. Namun, jika penelitianmu berguna untuk mendeskripsikan, narasi, dan lingkup yang lebih luas, maka pilihlah kualitatif. Menurut saya tidak ada lebih sulit, lebih baik, lebih mudah dari kedua metode itu. Tergantung bagaimana kita menggunakan metode tersebut. Karena metode penelitian itu adalah sebagai aturan dalam mendapatkan data dan memproses data. Jika kamu pilih kuantitatif, maka kamu akan berhadapan dengan angka, namun jika kualitatif kamu akan berhubungan dengan data narasi.
  1. Pilihlah Lokasi Penelitian
Add caption
Seorang peneliti ilmu sosial akan memilih lokasi penelitian. Penting untuk menentukan lokasi penelitian dengan berbagai pertimbangan. Misalnya dari keterjangkauan jarak, waktu, dan biaya. Dan tidak kalah pentingnya adalah ada tidaknya masalah di lokasi yang ingin kita teliti.
  1. Analisis Data
Analisislah datamu secepat mungkin. Jika penelitianmu sudah berakhir dan kamu telah mendapatkan data sesegera mungkinlah mengerjakannya. Dalam tahap inilah terkadang seseorang peneliti skripsi terlena, karena proses pengumpulan data dan analisis data yang menjauhkanmu dari kesibukan kampus. Jika tidak diantipasi dengan bijak, maka skirpsmu akan tersendat. Belajarlah selalu untuk mengolah data dengan rinci, dan jawablah rumusan masalahmu sebaik mungkin untuk dijadikan sebagai dasar dalam persiapanmu menghadapi sidang nantinya. Menganalisis data bukan pekerjaan yang mudah, karena kamu selalu dihadapkan dengan metode, teori, dan cara penulisan dengan baik.
  1. Selesaikan Administrasi
Administrasi menjadi cerita yang menarik dalam menyelesaikan perkuliahan. Untuk mengatasi kesulitan ke depan baiknya kamu sudah merapikan dan menjaga setiap lembaran kertas administrasimu. Jika banyak lembaran kertas adiministrasi hilang secepatnya selesaikanlah dan cari solusi. Uruslah secepatnya sebelum menghalangi skripsimu.
  1. Selalu Menjalin Komunikasi yang Baik

Dalam mengerjakan skripsi, kamu akan selalu berhadapan dengan orang  - orang hebat. Seperti orang tua, dosen, teman, dan petugas kampus. Jalinlah komunikasi dengan baik, jagalah komunikasi itu dan jangan sampai menghalangimu. Berdiskusilah dengan teman, hargai dosen, jalinlah kerja sama dengan petugas administrasi, dan utama adalah mintalah doa restu dari orang tua. Kenanglah kampusmu melalui orang – orang hebat tersebut. Intinya adalah skripsi yang paling baik adalah skripsi yang selesai. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot