Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Senin, Mei 04, 2020

CONTOH MENYUSUN TEKNIS LOMBA OLIMPIADE - SEMINAR


Babak Semi Final

  1. Setiap tim yang lolos seleksi essay wajib mengkonfirmasi kehadiran dan mengirimkan bahan presesentasi dalam bentuk power point sebelum tanggal (.......................) pukul WIB (.......................).
  2. Bahan presentasi (power point) dikirimkan ke email (.......................)
  3. Pada babak semifinal, peserta akan mengikuti ujian tulis yang terdiri dari ujian uraian (essay test) sebanyak 2 (dua) butir soal dan 50 (lima puluh) butir soal pilihan berganda.
  4. Soal uraian (essay test) dikerjakan di kertas kosong yang disediakan panitia dengan menggunakan ballpoint warna hitam. Waktu penyelesaian soal uraian (essay test) ialah sebanyak 30 menit.
  5. Soal pilihan berganda dikerjakan dengan menggunakan lembar jawaban komputer (LJK) yang mana perlengkapan ujian seperti pensil 2B, penghapus, rautan, pulpen dan papan ujian dipersiapkan sendiri oleh peserta. Waktu penyelesaian soal pilihan berganda ialah sebanyak 90 menit.
  6. Sistem penilaian pilihan berganda yakni benar +4, salah -1, kosong 0.
  7. Nama yang dicantumkan di lembar jawaban adalah nama ketua tim.
  8. Ujian tulis berlangsung dengan sistem diskusi sesama anggota tim.
  9. Peserta tidak diperkenankan bekerja sama dengan tim lain dari sekolah masing-masing, tidak diperkenankan menyontek dan menggunakan alat komunikasi seperti HP dan kalkulator selama ujian berlangsung.
  10. Untuk menentukan 10 (sepuluh) peserta yang akan lolos ke babak semifinal, nilai essay akan diakumulasikan dengan nilai ujian tulis. Jumlah nilai maksimal ialah 330 (essay 100+Uraian 30+Pilihan Berganda 200).
  11. Keputusan dewan juri bersifat final dan mengikat serta tidak dapat diganggu gugat.
  12. Peserta disarankan mengikuti/menyukai akun media sosial panitia dan membuat postingan serta menandai (tag) nama akun (baik facebook maupun instagram). Buat foto anda semenarik mungkin terkait olimpiade lalu tandai akun media sosial panitia. Foto terbaik akan diberikan hadiah pada saat acara puncak. Lampirkan media sosial (.......................)
  13. Babak Final
  14. Peserta yang lolos ke babak final adalah 10 (sepuluh) peserta dengan akumulasi nilai tertinggi pada babak essay dan ujian tulis.
  15. Sepuluh finalis akan mempresentasikan essay di hadapan 3 (tiga) orang dewan juri.
  16. Essay yang dipresentasikan ialah essay yang telah dikirimkan sebelumnya dalam bentuk power point.
  17. Peserta yang tidak mengirimkan bahan presentasi pada saat registrasi ulang tidak dapat mempresentasikan essay dalam bentuk power point. Presentasi dilakukan dengan cara konvensional.
  18. Waktu presentasi bagi setiap tim ialah 10 menit yang terdiri dari 7 (tujuh) menit presentasi dan 3 (tiga) menit tanya jawab.
  19. Setiap peserta harus melakukan registrasi selambat-lambatnya pukul (......................)
  20. Setiap peserta harus mengenakan pakaian sekolah lengkap dengan atribut seperti dasi dan papan nama.
  21. Setiap peserta akan mendapatkan kupon makanan yang diberikan pada saat peserta melakukan registrasi.

Indikator penilaian babak final (presentasi essay) ialah sebagai berikut:


No
Indikator Penilaian
Bobot
Skor


1
Pemaparan
Sistematika penyajian dan isi
10

Penggunaan bahasa yang baku
5

Cara dan sikap presentasi
10

Ketepatan waktu
5

Jumlah


2
Gagasan
Kreativitas gagasan (keunikan, manfaat, dan dampak)
25

Kelayakan implementasi
15

Jumlah


3
Diskusi
Tingkat pemahaman gagasan
20

Kerjasama tim
10

Jumlah


Total Nilai
100


Guru Pembimbing

  1. Setiap sekolah wajib didampingi oleh 1 (satu) orang guru pembimbing. Sekolah yang menyertakan lebih dari 1 (satu) orang guru pembimbing harus memilih salah satu diantara beberapa orang guru tersebut untuk diutus menjadi guru pembimbing. Apabila terdapat sekolah yang mengirimkan lebih dari 1 (satu) orang guru pembimbing, maka guru tersebut tidak menjadi tanggungjawab panitia.
  2. Workshop guru akan dilaksakan di (.............................)
  3. Setiap guru pembimbing akan diberangkatkan ke lokasi workshop menggunakan (.......................)
  4. Setiap guru pembimbing akan mendapatkan fasilitas seperti : sertifikat, makan siang, snack, seminar kit dan hadiah buku 3 (tiga) set bagi 3 (tiga) orang guru dengan kategori peserta terbaik sesuai dengan penilaian panitia.
  5. Workhsop akan terbagi menjadi 2 (dua) bagian, yaitu sesi I pemaparan materi oleh pembicara dilanjutkan dengan tanya jawab. Sesi II, peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mendiskusikan sebuah kasus yang sesuai dengan topik workshop.
  6. Setiap tim akan mempresentasikan hasil diskusi di hadapan pembicara sekaligus bertindak sebagai dewan juri yang akan menilai hasil diskusi.
  7. Presentasi terbaik akan mendapatkan hadiah dari panitia.
  8. Setiap peserta workshop wajib menjaga kebersihan dan keamanan ruangan pelaksanaan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot