-->

Juni 16, 2023

Menentukan Judul Penelitian Kuantitatif Berdasarkan Beberapa Faktor

Menentukan judul penelitian merupakan sesuatu yang sangat penting. Hal ini menjadi fokus pertama, agar dalam pelaksanaan penelitian dari awal sampai akhir sesuai dengan rencana yang dilakukan. Ada banyak faktor yang membuat seorang peneliti atau mahasiswa dalam menentukan judul penelitian. Faktor berikut ini turut menjadi perhatian:

  1. Manfaat penelitian,
  2. Masalah yang ingin diteliti
  3. Waktu,
  4. Budget,
  5. Kemampuan dalam membahas topik tersebut,
  6. Lokasi,
  7. Populasi penelitian, dll.

Selain itu, tingkatan judul penelitian juga bisa menjadi faktor penentu untuk memilih topik penelitian. Berikut ini beberapa tingkatan judul penelitian kuantitatif yang bisa menjadi perhatian. Menurut Prof. Sugiyono dalam bukunya “Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi” ada enam tingkatan judul penelitian, antara lain:


  • Judul deskriptif

Judul deskriptif adalah judul penelitian yang bermaksud untuk menggambarkan keadaan satu atau lebih variabel secara mandiri. Dalam penelitian ini peneliti tidak membuat perbandingan variabel pada sampel yang lain, dan mencari hubungan variabel itu dengan variabel yang lain. Peneliti semacam ini selanjutnya dinamakan penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif adalah penelitian pada level terendah.

  • Judul komparatif

Judul komparatif adalah judul penelitian yang bermaksud membandingkan nilai satu atau lebih variabel mandiri pada dua atau lebih populasi, sampel atau waktu yang berbeda atau gabungan semuanya. Penelitian komparatif kesulitannya lebih tinggi daripada deskriptif.

  • Judul Asosiatif

Judul asosiatif adalah judul penelitian yang bermaksud menggambarkan dan menguji hipotesis dan menguji hipotesis hubungan dua variabel atau lebih. Judul asosiatif ada tiga macam, yaitu judul asosiatif simetris, kausal dan reciprocal atau interaksi saling berpengaruh. Asosiatif simetris berarti hubungan variabel tersebut munculnya bersamaan yang tidak bersifat sebab akibat dan saling mempengaruhi. Judul asosiatif simetris, diawali dengan kata hubungan atau korelasi. Judul asosiatif kausal diawali dengan kata pengaruh, atau faktor determinan. Judul asosiatif reciprocal judul penelitian diawali dengan kata hubungan interaktif atau pengaruh interaktif. Penelitian asosiatif lebih sulit daripada penelitian komparatif.

  • Judul penelitian komparatif-asosiatif

Judul penelitian komparatif-asosiatif adalah judul penelitian yang bermaksud menggambarkan dan menguji hipotesis perbandingan korelasi antara dua variabel atau lebih pada sampel atau populasi.

  • Judul penelitian struktural

Judul penelitian struktural adalah judul penelitian yang bermaksud menggambarkan hubungan dan menguji hipotesis yang bersifat structural. Hubungan structural adalah hubungan antara variabel independent dan dependen yang diantaranya terdapat variabel penyela (intervening).

 

Teman-teman yang ingin mengetahui aplikasi pengolah data seperti SPSS, STATA, NVivo, dan lain-lain bisa menyaksikan tutorialnya di Youtube Chanelku: Bonar Situmorang

 

Tags :

bonarsitumorang