-->

Juni 05, 2023

CARA UJI REGRESI MENGGUNAKAN APLIKASI PENGOLAH DATA

Sebelum mengambil keputusan seorang mahasiswa, peneliti, dan perusahaan akan membuat riset untuk mengkaji topik yang diinginkan. Keputusan ini digunakan bisa tujuan ilmiah atau untuk data pendukung dalam mengambil keputusan. Dalam penelitian sosial ada begitu banyak uji analisis yang bisa digunakan, salah satunya uji regresi.

Uji regresi ini digunakan dalam metode penelitian kuantitatif. Analisis regresi diartikan sebagai analisis tentang hubungan suatu variabel kepada variabellain, yaitu variabel bebas dalam rangka membuat estimasi atau prediksi dari nilai rata-rata variabel terikat dengan diketahuinya nilai variabel bebas. 

Secara umum, ada dua macam hubungan antara dua atau lebih variabel, yaitu bentuk hubungan dan keeratan hubungan. Bila ingin melihat keeratan hubungan maka digunakan analisis korelasi. Dengan demikian, tampak jelas bahwa apabila peneliti melakukan analisis korelasi dan regresi, maka sebenarnya peneliti baru sampai pada tahap analisis hubungan dalam menjawab hipotesis “seberapa besar keeratan hubungan variabel Y dapat diprediksi oleh variabel independent (X). 

Berikut beberapa tutorial uji regresi dengan menggunakan aplikasi:

Silahkan dikunjungi teman-teman, semoga dapat membantu

  1. UJI REGRESI 4 VARIABEL MENGGUNAKAN SPSS
  2. UJI REGRESI 3 VARIABEL MENGGUNAKAN SPSS
  3. UJI LINIERITAS GARIS REGRESI MENGGUNAKAN SPSS
  4. UJI REGRESI BERGANDA MENGGUNAKAN SPSS
  5. UJI REGRESI BERGANDA VARIABEL DUMMY MENGGUNAKAN STATA
Semoga dengan tulisan ini, teman - teman bisa terbantu dalam analisis data penelitiannya. 


Sumber: 
Buku : Riadi Edi, Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS).

Tags :

bonarsitumorang