-->

November 20, 2023

Uji-t: Memahami Tujuan, Konsep, dan Syarat

Uji-t digunakan untuk menguji secara statistik apakah nilai rata-rata dari dua skor sampel memiliki perbedaan yang berarti (signifikan) secara statistik. Tokoh yang pertama kali mengembangkan tes ini adalah William Sealy Gosset pada tahun 1908 di Inggris. 
sumber foto: https://www.facebook.com/pedromics

Fokus penulisan ini adalah uji-t dua sampel independen (independent sample t-test) dan uji-t sampel berpasangan (paired sample t-test). Uji-t dua sampel independen digunakan ketika peneliti hendak membandingkan nilai skor rata-rata pada variabel pada variabel kontinu dari dua kelompok sampel yang berbeda. Contoh pertanyaan yang bisa dijadikan dalam kasus ini adalah apakah terdapat perbedaan signifikan antara laki-laki dan perempuan tentang pendapatan bulanan mereka. Dua variabel ini penelitian ini terdiri atas sebuah variabel independen kategori (laki-laki dan perempuan) dan sebuah variabel dependen (pendapatan bulanan).

Contoh uji-t sampel berpasangan (paired-sample t-test) bertujuan untuk membandingkan skor rata-rata (mean score) kelompok sampel yang sama dalam dua kesempatan yang berbeda. Variabel penelitian yang menggunakan t-test sampel berpasangan perlu diukur dalam bentuk variabel skala interval dan berdistribusi normal/sebaran data normal. Contoh kasus:  seorang peneliti ingin mengukur tingkat kemampuan mahasiswa Sosiologi pada awal semester. Kemudian peneliti tersebut melakukan tes kepada mahasiswa. Setelahnya, peneliti memberikan berbagai peningkatan pengetahuan dan keterampilan tentang Sosiologi selama 1 semester. Setelah 1 semester lewat, peneliti tersebut melakukan tes kampuan kepada setiap mahasiswa. Untuk kasus ini, peneliti menggunakan uji-t berpasangan.

Syarat Penggunaan Uji-t

Data yang diuji dengan menggunakan uji-t harus berdistribusi normal dan nilai variansi kedua kelompok harus homogen. Jika data tidak berdistribusi normal, dapat menggunakan tes statistik non-parametrik yakni menggunakan Tes-Mann Whitney


Sumber: Bandur, A., & Prabowo, H. (2021). Penelitian Kuantitatfi Metodologi, Desain, dan Analisis dengan SPSS,  AMOS & Nvivo. Bogor: Mitra Wacana Media

Tutorial uji statistik, klik link di bawah:

Tags :

bonarsitumorang